RAHMAWATI, NOVIA (2021) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN WHATSAPP UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN FIQIH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) MIFTAHUL HUDA KETUWAN KEDUNGTUBAN BLORA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
cover.pdf
Download (970kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (850kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (796kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (656kB) | Request a copy
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (709kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (553kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (541kB)
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19 proses belajar mengajar di lakukan secara online atau dalam jaringan (daring). Pembelajaran daring dilakukan tanpa bertatap muka secara langsung dengan media whatsapp. Whatsapp merupakan aplikasi pengiriman pesan, gambar, suara dan vidio secara online dengan menggunakan kuota internet. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pelaksanaan pembelajaran fiqih menggunakan media whatsapp. Mengetahui efektivitas penggunaan media whatsapp dalam kegiatan pembelajaran. Serta mengetahui kendala-kendala penggunaan media whatsapp dalam pembelajaran fqih di masa pandemi covid-19 Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan memilih lokasi di MTs miftahul Huda Ketuwan Kabupaten Blora. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala madrasah, Guru pengampu mapel fiqih, serta beberapa siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data secara interaktif dengan melakukan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran fiqih melalui media whatsapp dinilai efektif karna dapat membuat siswa lebih antusias selama proses pembelajaran berlangsung, membuat para siswa lebih mudah memahami materi pelajaran dan hasil evaluasi yang semakin meningkat. Adapun kendala yang dihadapi dalam penggunaan media whatsapp yaitu tidak mempunyai handphone dan siswa terkendala dalam mencari sinyal sehingga apabila dalam proses belajar mereka tidak bisa mengikuti dengan baik. solusi yang diterapkan oleh tenaga pendidik di MTs Miftahul Huda dengan memberi tugas dan materi secara tertulis dan diantarkan kerumah siswa tersebut.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Penggunaan Whatsapp, Media Pembelajaran Fiqih |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 10 May 2022 01:36 |
Last Modified: | 10 May 2022 01:36 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MA’ARIF, M. JAUHARUL UNSPECIFIED Thesis advisor FAHMAN, MUNDZAR UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/810 |