AGUSTINA, SINTA (2021) Implementasi Pengunaan Media Manipulatif Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Angka Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Dharma Wanita Ngumpakdalem. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (461kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I skripsi.pdf
Download (765kB)
BAB II skripsi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (733kB) | Request a copy
BAB III skripsi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (577kB) | Request a copy
BAB IV skripsi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (726kB) | Request a copy
BAB V skripsi.pdf
Download (438kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (939kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Pengunaan media manipulatif terhadap kemampuan mengenal konsep angka pada anak di PAUD sebagai bantuan yang diberikan kepada anak dalam mengembangkan aspek perkembangan kognitif anak yang optimal. Metode bermain dengan media manipulatif dapat meningkatkan minat anak dalam mengenal konsep angka. Dengan metode ini anak dapat lebih aktif dan belajar secara menyenangkan. Anak juga dapat belajar melalui benda-benda kongrit, sehingga anak lebih mudah dalam mengenal konsep angka. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan atau studi kasus, dan bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara untuk mengetahui sudut pandang sekolah mengenai implementasi pengunaan media manipulatif terhadap kemampuan mengenal konsep angka pada anak usia dini di TK Dharma Wanita Ngumpakdalem, sedangkan data tambahan berupa observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah implementasi pengunaan media manipulatif terhadap kemampuan mengenal konsep angka pada anak usia dini di TK Dharma Wanita Ngumpakdalem sudah berjalan dengan baik yaitu dengan pengunaan media manipulatif tersebut dapat mengembangkan kemampuan mengenal konsep angka pada anak usia dini selain itu juga dapat mengembangkan aspek kognitif pada anak. Dengan media tersebut lebih mempermudah pendidik untuk menyampaikan pembelajaran dan dengan media tersebut peserta didik/siswa lebih mudah memahami apa yang disampaikan oleh guru.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Manipulatif, Anak Usia Dini |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 28 Apr 2022 03:56 |
Last Modified: | 28 Apr 2022 03:56 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor ULFA, ULFA UNSPECIFIED Thesis advisor ANWAR, SAEFUL UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/793 |