PENGARUH KEDISIPLINAN DALAM BELAJAR TERHADAP PRESTASI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN BANJARSARI II TRUCUK BOJONEGORO

TAUFIQ, NUR MUHAMMAD (2015) PENGARUH KEDISIPLINAN DALAM BELAJAR TERHADAP PRESTASI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN BANJARSARI II TRUCUK BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (24kB)
[thumbnail of BAB  I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB) | Request a copy
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)

Abstract

Mata pelajaran pendidikan agama Islam merupakan pelajaran yang sangat penting. Oleh karena itu pelajaran ini mendapatkan prioritas dan perhatian yang khusus. Melihat akan pentingnya mata pelajaran ini, makan segala upaya harus dilakukan untuk menunjang keberhasilan siswa mencapai nilai yang baik. Perbaikan sikap pada siswa harus diarahkan, kebiasaan siswa dalam berperilaku juga harus diperhatikan sehingga siswa dapat mengontrol diri dan dapat berperilaku disiplin. Sikap disiplin ini sangat penting, dengan sikap disiplin siswa akan melakukan proses belajar dengan teratu dan terarah. Disiplin yang dimaksudkan adalah disiplin segala hal, mulai dari waktu belajar, kontinuitas dan patuh terhadap ketentuan dan peraturan serta merupakan kendali dan kontrol pada segala tindakan. Sedang berkaitan dengan kedisiplinan siswa dalam kancah pendidikan adalah merupakan hal yang penting untuk mengetahui mutu dari lembaga pendidikan tersebut. Prestasi pada dasarnya adalah segala usaha yang dicapai manusia secara maksimal dengan hasil yang memuaskan. Agar tampak apa yang menjadi pokok permasalahan dalam pembahasan skripsi ini, maka di sini akan dijelaskan beberapa pokok rumusan permasalahan sebagai berikut: (1) Bagaimana kedisiplinan siswa di SDN Banjarsari II Trucuk Bojonegoro?. (2) Bagaimana prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Banjarsari II Trucuk Bojonegoro?. (3) Adakah pengaruh kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar pelajaran Pendidikan Agama Islam?. Penelitian ini dilakukan di SDN Banjarsari II Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro. Teknik analisis data yang kami gunakan adalah koefisien korelasi product moment angka kasar. Jenis data yang kami gunakan ada dua yaitu: data kualitatif dan data kuantitiatif. Sedangkan metode yang digunakan adalah observasi, interview, dokumentasi, dan angket (kuesioner). Hasil penelitian ini menunjukkan bhawa: (1) Kedisiplinan siswa SDN Banjarsari II Trucuk Bojonegoro, baik. Hal ini dapat dilihat dari nali rata-rata variable X sebesar 69,264. (2) Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SDN Banjarsari II Trucuk Bojonegoro, cukup baik. Ini diambil dari nilai raport dua semester, yang rata-rata nilainya 71,104. (3) Berdasarkan hasil penelitian, bahwa kedisiplinan siswa sangat berpengaruh pada prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, kedisiplinan, prestasi belajar
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 20 Jun 2021 10:28
Last Modified: 26 Oct 2021 22:02
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Izza, Yogi Prana
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Fahman, Mundzar
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/78

Actions (login required)

View Item
View Item