OPERANT CONDITIONING PADA SISWA ADHD (ATTENTION DEFICIT HIPERACTIVITY DIRSORDER) PADA SAAT PEMBELAJARAN DIRUMAH DIERA PANDEMI DI KB PUSPA NAGARI PLESUNGAN

ALAWIYAH, TUTI (2021) OPERANT CONDITIONING PADA SISWA ADHD (ATTENTION DEFICIT HIPERACTIVITY DIRSORDER) PADA SAAT PEMBELAJARAN DIRUMAH DIERA PANDEMI DI KB PUSPA NAGARI PLESUNGAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Acover.pdf] Text
Acover.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (873kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (822kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (622kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Operant Conditioning pada anak usia dini ADHD merupakan layanan untuk membantu proses belajar anak untuk mengendalikan semua respons yang muncul sesuai konsekuensi (resiko) yang mana anak akan cenderung mengulang respons-respons yang diikuti oleh (penguat) atau sebaliknya anak akan cenderung mengurangi respons-respons yang diikuti oleh punishment (hukuman) Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian lapangan atau study kasus. Dan bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara untuk mengetahui sudut pandang sekolah mengenai implementasi prinsip operant conditioning pada anak ADHD (attention deficit hyperactivity dirsorder) di KB Puspa Nagari Plesungan, sedangkan data tambahan berupa observasi dan dokumentasi . Hasil penelitian ini adalah implementasi prinsip operant conditioning dalam pembelajaran dirumah pada siswa ADHD di KB Puspa Nagari sudah berjalan dengan baik yaitu dengan cara : (1) pemberian reinforcement berupa hadiah atau ucapan pujian serta penilain berupa bintang yang diberikan baik sebelum atau sesudah kegiatan pembelajaran dilakukan sehingga menambah semangat belajar anak (2) pemberian punishment ini diberikan ketika anak ADHD melakukan hal atau kegiatan yang tak diinginkan, dan dengan pemberian punishment ini mengurangi bahkan menghilangkan perilaku atau kegiatan anak yang tak diinginkan. Operant conditioning mempermudah anak atau siswa ADHD merespon pembelajaran tanpa paksaan dan memberikan kemudahan guru maupun orang tua dalam mendidik anak atau siswa ADHD.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Prinsip Operant Conditioning, Pembelajaran Anak Usia dini ADHD
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 25 Apr 2022 07:01
Last Modified: 25 Apr 2022 07:03
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
ULFA, ULFA
UNSPECIFIED
Thesis advisor
ZUHRIYAH, AINU
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/758

Actions (login required)

View Item
View Item