SHOFARIAH, LAILATUS (2021) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN METODE GERAKAN TANGAN UNTUK MENINGKATKAN MENGHAFAL ASMAUL HUSNA USIA 3-4 TAHUN DI KELOMPOK BERMAIN SUBULUS SALAM DESA NGUJO KECAMATAN KALITIDU KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
1. Cover.pdf
Download (63kB)
2. Awalan.pdf
Download (483kB)
3. BAB I.pdf
Download (462kB)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (481kB) | Request a copy
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (409kB) | Request a copy
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (509kB) | Request a copy
7. BAB V.pdf
Download (324kB)
8. Daftar Pustaka.pdf
Download (404kB)
9. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penghafalan Asmaul Husna sebagian anak merasakan kesulitan dan kebingungan maka diperlukan metode yang tepat selah satunya yaitu metode gerakan tangan. Metode ini sangat sesuai di usia 3-4 tahun untuk menstimulasi kecerdasan anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di KB Subulus Salam Desa Ngujo Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro. Waktu pelaksanaan penelitian ini pada tanggal 2 Februari 2021. Mengetahui sudut pandang sekolah mengenai Implementasi Penggunaan Metode Gerakan Tangan untuk Meningkatkan Menghafal Asmaul Husna Usia 3- 4 Tahun di Kelompok Bermain Subulus Salam Desa Ngujo, serta data tambahan berupa observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi data. Ada perencanaan tentang jenis gerakan tangan yang dipilih, tahapan implementasi, pelaksaan serta evaluasi pembelajaran. Hasil penelitian ini : pertama metode gerakan tangan dalam menghafal Asmaul Husna sudah dilakukan, dan penerapan serta pemilihan cara duduk di dalam kelas juga dilakukan agar penggunaan metode gerakan tangan dalam menghafal Asmaul Husna dapat dilaksanakan dengan baik. Kedua metode yang dipakai yaitu metode yang disukai anak-anak, ada tingkat kesadaran wali murid. Faktor penghambat dalam penggunaan metode ini adalah siswa kesulitan karena jumlah Asmaul Husna yang terlalu banyak, siswa kesulitan karena pelafalan bahasa pada Asmaul Husna mengguankan bahasa asing yaitu bahasa arab, anakanak sering bosan sehingga menimbulkan kegaduhan pada saat pelaksanaan.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gerakan Tangan, Menghafal Asmaul Husna |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 25 Apr 2022 06:47 |
Last Modified: | 25 Apr 2022 06:47 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor NI’MAH, ROUDLOTUN UNSPECIFIED Thesis advisor KUSNA, SITI LABIBA UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/756 |