HASANAH, RISALATUL (2021) PENERAPAN KONSEP SEKOLAH ALAM PADA PROSES PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK ANAK USIA DINI SELAMA BDR DI KB IT AL HIKMAH KEBONTURI KATUR. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (76kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (597kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (828kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (321kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (387kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Kondisi pandemi Covid-19 telah mempengaruhi hampir seluruh aspek kehidupan manusia. Tak terkecuali pada dunia Pendidikan di Indonesia yang mana Sejak ditetapkanya covid – 19 sebagai pandemi, pemerintah mengeluarkan Surat Edaran Mendikbud No. 4 tahun 2020 yang menetapkan aturan belajar dari rumah atau BDR bagi siswa siswi sekolah serta kegiatan bekerja dari rumah bagi guru tak terkecuali para guru dan para tenaga kependidikan PAUD. Yang berdampak pada keresahan guru dan orang tua akibat tidak bisa maksimal dalam mengasah aspek perkembangan anak terkhusu kemampuan fisik motorik. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan menerapkan konsep sekolah alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap penerapan konsep sekolah alam pada proses perkembangan fisik motorik anak usia dini di KBIT Al Hikmah Kebonturi, dengan fokus penelitian mencakup; 1) penerapan konsep sekolah alam selama BDR, 2) perkembangan fisik motorik anak di KBIT Al Hikmah Kebonturi, dan 3) tingkat keberhasilan penerapan konsep sekolah alam pada proses perkembangan fisik motorik anak usia dini di KBIT Al Hikmah Kebonturi. Penelitian ini tergolong ke dalam jenis penelitian kualitatif dengan metodologi deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang diperoleh melalui proses penggalian data menggunakan metode dokumentasi, observasi dan wawancara. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Penerapan konsep sekolah alam di KBIT Al Hikmah Kebonturi ini lebih banyak menggunakan kegiatan-kegiatan yang berada di luar kelas. Dengan memanfaatkan lingkungan perkebunan di sekitar gedung sekolah ataupun halaman rumah siswa dan guru. 2) Penerapan konsep sekolah alam selama BDR ini dirasa tetap dapat menstimulus perkembangan fisik motorik anak agar tercapai sesuai tahapan usianya. Meskipun pandemi anak tetap mendapatkan pelayanan stimulasi sesuai yang seharusnya mereka dapatkan. Hal tersebut dapat diketahui para orang tua dari hasil laporan belajar anak atau rapor.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | konsep sekolah alam, perkembangan fisik motorik |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 22 Apr 2022 07:10 |
Last Modified: | 22 Apr 2022 07:10 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor FIKRI, MOHAMMAD TSAQIBUL UNSPECIFIED Thesis advisor NI’MAH, ROUDLOTUN UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/753 |