EFEKTIFITAS PROSES PEMBELAJARAN PADA MADRASAH DINIYAH DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SANTRI DI YAYASAN PONDOK PESANTREN. AL-HAROMAIN BOJONEGORO

ROHMATIN, FITRIANA NUR (2020) EFEKTIFITAS PROSES PEMBELAJARAN PADA MADRASAH DINIYAH DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SANTRI DI YAYASAN PONDOK PESANTREN. AL-HAROMAIN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (905kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (388kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (739kB) | Request a copy

Abstract

Madrasah diniyah merupakan salah satu pendidikan Islam non formal yang perlu mendaptkan perhatian dalam proses pemneajarannya dianggap kurang efektif. Madrasah Diniyah Al-Haromain Bojonegoro berusaha meningkatkan kualitas pendidikannya dengan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Diniyah Al-Haromain dan usaha lembaga untuk meningkatkan efektifitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan proses pembelajaran Madrasah Diniyah di Yayasan Pondok Pesantren Al-Haromain Bojonegoro dan untuk mendiskripsikan efektifitas Madrasah Diniyah Al Haromain Bojonegoro dalam meningkatkan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data , dan penarikn kesimpulan, pengecekan keabsahan data temuan dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan peniliti; teknik triangulasi dengan berbagai sumber, teori, dan metode, dan ketekunan pengamatan. Informan penelitian yaitu Ketua Yayasan Pondok Pesantren, kepala Madrsah Diniyah, dan dewan guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1). Analisis lingkungan yang dilakukan Madrasah Diniyah Al-Haromain yaitu dengan memilih tenanga pendidik yang ahli di bidangnya yaitu dengan memilih para pendidik yang berasal dari lulusan pondok pesantren, (2). Formulasi Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Diniyah , proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Diniyah Al-Haromain dengan metode diskusi dan ceramah selain itu dalam proses pembelajarannya menggunkan refernsi dari Al-Qur’an hadis dan kitab-kitab ulama, salafussholih , dan (3). Efektifitas Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Diniyah yang dilakukan di Madrasah Diniyah Yayasan Pondok Pesantren Al-Haromain Bojonegoro dengan mengadakan usaha-usaha yang akan menunjang dalm kefektifan dalam proses pembelajran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Diniyah Al-Haromain Bojoegoro.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, efektifitas
Subjects: 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 21 Apr 2022 03:18
Last Modified: 21 Apr 2022 03:18
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
BURHANDDIN, HAMAM
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/728

Actions (login required)

View Item
View Item