ROHMATIN, FITRIANA NUR (2020) EFEKTIFITAS PROSES PEMBELAJARAN PADA MADRASAH DINIYAH DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SANTRI DI YAYASAN PONDOK PESANTREN. AL-HAROMAIN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (121kB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (905kB)
BAB 1.pdf
Download (388kB)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (223kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (222kB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (470kB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Download (205kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (111kB) | Request a copy
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (739kB) | Request a copy
Abstract
Madrasah diniyah merupakan salah satu pendidikan Islam non formal yang perlu mendaptkan perhatian dalam proses pemneajarannya dianggap kurang efektif. Madrasah Diniyah Al-Haromain Bojonegoro berusaha meningkatkan kualitas pendidikannya dengan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Diniyah Al-Haromain dan usaha lembaga untuk meningkatkan efektifitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan proses pembelajaran Madrasah Diniyah di Yayasan Pondok Pesantren Al-Haromain Bojonegoro dan untuk mendiskripsikan efektifitas Madrasah Diniyah Al Haromain Bojonegoro dalam meningkatkan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data , dan penarikn kesimpulan, pengecekan keabsahan data temuan dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan peniliti; teknik triangulasi dengan berbagai sumber, teori, dan metode, dan ketekunan pengamatan. Informan penelitian yaitu Ketua Yayasan Pondok Pesantren, kepala Madrsah Diniyah, dan dewan guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1). Analisis lingkungan yang dilakukan Madrasah Diniyah Al-Haromain yaitu dengan memilih tenanga pendidik yang ahli di bidangnya yaitu dengan memilih para pendidik yang berasal dari lulusan pondok pesantren, (2). Formulasi Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Diniyah , proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Diniyah Al-Haromain dengan metode diskusi dan ceramah selain itu dalam proses pembelajarannya menggunkan refernsi dari Al-Qur’an hadis dan kitab-kitab ulama, salafussholih , dan (3). Efektifitas Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Diniyah yang dilakukan di Madrasah Diniyah Yayasan Pondok Pesantren Al-Haromain Bojonegoro dengan mengadakan usaha-usaha yang akan menunjang dalm kefektifan dalam proses pembelajran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Diniyah Al-Haromain Bojoegoro.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, efektifitas |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 03:18 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 03:18 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor BURHANDDIN, HAMAM UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/728 |