PENERAPAN ALGORITMA NAIVE BAYES SEBAGAI KLASIFIKASI TINGKAT KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA DI MTSN 2 PADANGAN BOJONEGORO

ANWAR, M. IQBAL FATKHUL (2024) PENERAPAN ALGORITMA NAIVE BAYES SEBAGAI KLASIFIKASI TINGKAT KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA DI MTSN 2 PADANGAN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (899kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (374kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (903kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy

Abstract

Game Online adalah permainan yang dapat dimainkan oleh banyak orang secara bersamaan melalui jaringan komunikasi online (Harun & Arsyad, 2020). Di balik keseruan bermain game online, terdapat dampak negatif, salah satunya adalah kecanduan jika dimainkan secara berlebihan. Kecanduan game online merupakan salah satu bentuk gangguan kecanduan internet yang dapat memengaruhi berbagai aspek kehidupan, mulai dari kesehatan fisik hingga kesehatan mental. Fenomena ini sering terjadi di kalangan siswa, termasuk di MTsN 2 Padangan, di mana kecanduan game online menyebabkan siswa kurang fokus dalam kegiatan belajar. Oleh karena itu, diperlukan sebuah klasifikasi untuk mengetahui tingkat kecanduan game online. Proses klasifikasi ini dapat dilakukan menggunakan teknik data mining, khususnya metode klasifikasi Naive Bayes. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kecanduan game online pada siswa di MTsN 2 Padangan. Hasil klasifikasi menunjukkan bahwa sebagian besar siswa berada pada tingkat kecanduan "sedang". Penelitian ini menggunakan metode Naive Bayes dengan akurasi lebih dari 80% dan melibatkan 161 data siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Naive Bayes; Laplace Smoothing; Kecanduan Game Online; Klasifikasi; Data Mining; MTsN 2 Padangan
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: M. Iqbal Fatkhul Anwar
Date Deposited: 23 Apr 2025 02:34
Last Modified: 23 Apr 2025 02:34
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
BARATA, MULA AGUNG
NIDN0711049301
Thesis advisor
SA'IDA, ITA ARISTIA
NIDN0708039101
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/7250

Actions (login required)

View Item
View Item