IMPLEMENTASI SINGLE EXPONENTIAL SMOOTHING UNTUK MEMPREDIKSI JUMLAH PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI SMK NU 1 KEDUNGPRING

FAHREZY, IRGI LAURENT (2024) IMPLEMENTASI SINGLE EXPONENTIAL SMOOTHING UNTUK MEMPREDIKSI JUMLAH PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI SMK NU 1 KEDUNGPRING. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (811kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (534kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan dapat didefinisikan sebagai suatu proses yang mencakup penyebaran informasi, perubahan nilai, dan pembentukan kepribadian dalam segala aspeknya. Sedangkan, pengajaran lebih berfokus pada pengembangan spesialisasi atau bidang-bidang tertentu, dan minat dan perhatian lebih bersifat teknis. Kendala – kendala yang dialami oleh SMK NU 1 Kedungpring disebabkan oleh pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat. Peningkatan jumlah siswa yang mendaftar dapat menyebabkan kekurangan ruang kelas dan fasilitas lainnya. Pihak sekolah mungkin harus mencari solusi untuk mengatasi masalah ini, seperti membangun fasilitas baru, menambah ruang kelas sementara, serta kurangnya tenaga pengajar juga dapat menghambat proses belajar mengajar atau pihak sekolah harus mengatur jadwal pembelajaran yang lebih fleksibel. Maka dari itu diperlukan sistem prediksi penerimaan peserta didik baru untuk memprediksi jumlah peserta didik yang akan mendaftar setiap tahunnya. Perhitungan menggunakan metode Single Exponential Smoothing digunakan untuk memprediksi jumlah penerimaan peserta didik baru di tahun mendatang dan menghasilkan hasil prediksi 101,271 peserta didik, dengan nilai eror peramalan jumlah peserta didik baru memperoleh nilai MAE sebesar 9,944, MSE sebesar 151,531, MAPE sebesar 0,885.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Prediksi, Peserta didik baru, Single Exponential Smoothing,
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: irgi laurent fahrezy
Date Deposited: 21 Apr 2025 06:28
Last Modified: 21 Apr 2025 06:28
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
BARATA, MULA AGUNG
NIDN0711049301
Thesis advisor
ROKHIM, AULIYAUR
NIDN0703078501
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/7211

Actions (login required)

View Item
View Item