PERAN BANSER DI DALAM KEGIATAN PENDIDIKAN MENGHADAPI RADIKALISME DESA GAYAM KECAMATAN GAYAM KABUPATEN BOJONEGORO

FAUZAN, FAUZAN (2020) PERAN BANSER DI DALAM KEGIATAN PENDIDIKAN MENGHADAPI RADIKALISME DESA GAYAM KECAMATAN GAYAM KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (477kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (937kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy

Abstract

Pada era teknologi canggih seperti saat ini, bukan hal yang mudah untuk menangkal radikalisme yang dapat menyebar ke masyarakat. Hal ini dikarenakan ajaran Islam yang ekstrim dan bersifat radikal dapat dengan mudah menyebar melalui media online, sehingga pergerakannya lebih sulit untuk dideteksi. Oleh karena itu, Banser di Desa Gayam Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro harus turut andil dalam menjaga keamanan sosial masyarakat dari ancaman luar yang dapat merusak akidah dan tatanan kedaulatan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Banser di Desa Gayam Kecamatan Gayam Kabupaten Bojongeoro, dengan sub fokus antara lain: 1) Peran Banser dalam masyarakat, 2) Peran Banser dalam menghadapi radikalisme melalui kegiatan pendidikan, dan 3) Faktor-faktor pendukung dan penghambat peran banser di dalam kegiatan pendidikan menghadapi radikalisme. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan secara deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara triangulasi. Informan penelitian, yaitu sekretariat Banser dan anggota Banser. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peran Banser dalam masyarakat di Desa Gayam Kec. Gayam Kab. Bojonegoro adalah sebagai pioner dalam menjalankan program-program sosial kemasyarakatan dari Pemuda Ansor yang bersinggungan langsung dengan masyarakat. Adapun program tersebut adalah melakukan bakti sosial, mempeliharaan kebersihan dan kesehatan lingkungan, pelestarian lingkungan, pemberdayaan masyarakat dengan mendirikan KSU NU, serta melakukan pengamanan dan bela negara, 2) Peran Banser dalam menghadapi radikalisme melalui kegiatan pendidikan adalah sebagai motor penggerak Gerakan Pemuda Ansor dengan cara menyelenggarakan Pendidikan dan Latihan Dasar (DIKLATSAR), dan 3) faktor-faktor pendukung Banser dalam menghadapi radikalisme di Desa Gayam Kec. Gayam Kab. Bojonegoro adalah adanya banyak dukungan dari masyarakat dengan keberadaan Banser di lingkungan mereka. Adapun yang menjadi faktor penghambat adalah masalah totalitas dari para pengurus Banser dikarenakan kesibukan mereka dalam bekerja di tempat lain dan menganggap Banser sebagai pekerjaan sampingan, serta masalah sumberdaya manusia dan pendanaan yang terbatas.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran Banser, Kegiatan Pendidikan, Radikalisme
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 301 Sosiologi dan antropologi
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 20 Apr 2022 07:28
Last Modified: 20 Apr 2022 07:28
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Aufa, Ari Abi
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/718

Actions (login required)

View Item
View Item