PEMBINAAN KARAKTER KEAGAMAAN SISWA TUNARUNGU MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PANTOMIM DI SLB PUTRA HARAPAN BOJONEGORO

ANGGRAENI, ULVIANA DIAN (2021) PEMBINAAN KARAKTER KEAGAMAAN SISWA TUNARUNGU MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PANTOMIM DI SLB PUTRA HARAPAN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (683kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (903kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (791kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (532kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (643kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pembinaan karakter keagamaan siswa tunarungu melalui kegiatan ekstrakurikuler pantomim di SLB Putra Harapan Bojonegoro, dengan sub fokus mencakup (1) implementasi pembinaan karakter keagamaan siswa tunarungu melalui kegiatan ekstrakurikuler pantomim dan (2) upaya-upaya pembinaan karakter keagamaan siswa tunarungu melalui kegiatan ekstrakurikuler pantomim. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap lima pihak yang terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler pantomim. Observasi dilaksanakan terhadap aktivitas keagamaan dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuer pantomim terutama pada latihan rutin. Dokumentasi diambil dari hal-hal yang berkaitan dengan penelitan. Berdasarkan temuan penelitian implementasi pembinaan karakter keagamaan siswa tunarungu melalui kegiatan ekstrakurikuler pantomim mengacu pada topik dan tematik yang bermuatan 18 nilai pendidikan karakter bangsa Indonesia dengan didasarkan pada tiga hal yang menyangkut keagamaan yakni ibadah, amal, dan akhlak (ihsan). Bentuk implementasinya adalah ibadah direalisasikan dengan berdo’a sebelum mulai dan sesudah selesai latihan, beribadah yang benar, melaksanakan shalat dhuhur secara berjamaah saat latihan. Amal direalisasikan dengan toleransi, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, kerja keras, cinta damai, peduli sosial. Akhlak (ihsan) direalisasikan dengan jujur, disiplin, kreatif, mandiri, tanggung jawab. Upaya upayanya adalah kepala sekolah sebagai fasilitator pembinaan karakter keagamaan melalui kegiatan ekstrakurikuler pantomim. Pelatih dan guru ekstrakurikuler pantomim sebagai pihak utama yang membimbing sikap siswa saat kegiatan seperti membiasakan siswa berdo’a bersama sebelum dan sesudah latihan, menginstruksikan sholat dhuhur berjama’ah di sela-sela latihan. Guru penanggung jawab sebagai pengontrol sikap keagamaan siswa di kelas dan di tempat lomba seperti membiasakan siswa melakukan 3S setiap bertemu guru. Guru pendamping sebagai guru pendamping pengganti mengingatkan waktu sholat terhadap siswa di tempat lomba.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: pembinaan karakter keagamaan, siswa tunarungu, ekstrakurikuler pantomim.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 20 Apr 2022 04:29
Last Modified: 20 Apr 2022 04:29
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Minarti, Sri
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Anisah, Giati
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/711

Actions (login required)

View Item
View Item