Wulandari, Pramesti and Savitri, Happy Rahma and Najib, Muhammad Ainun and Rahmawati, Siti and Zakaria, Mochammad (2024) Menuju Pendidikan Inklusif: Pengembangan dan Implementasi Solusi E-Learning yang Disesuaikan untuk Pendidikan Kebutuhan Khusus. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12 (3). pp. 1649-1659. ISSN 2338-9400
![[thumbnail of Dokumen Artikel Persyaratan Khusus.pdf]](https://repository.unugiri.ac.id:8443/style/images/fileicons/text.png)
Dokumen Artikel Persyaratan Khusus.pdf
Download (317kB)
Abstract
Salah satu tantangan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran dalam pendidikan berkebutuhan khusus adalah aksesibilitas, di mana siswa dengan kebutuhan khusus menghadapi kesulitan untuk mengakses sumber daya dan teknologi yang diperlukan untuk pembelajaran. Dalam penelitian ini bertujuan untuk melakukan tinjauan terkait pemanfaatan teknologi dalam pendidikan inklusif yang memiliki potensi untuk meningkatkan aksesibilitas, diferensiasi, dan keterlibatan siswa dengan kebutuhan khusus. Dalam penelitian ini, metode descriptive literature review digunakan untuk menganalisis pengembangan dan implementasi E-Learning yang disesuaikan untuk SNE. Hasil penelitian ini mencakup analisis mengenai pengembangan solusi E-Learning SNE dan faktor yang mempengaruhi implementasinya. Dalam hal ini, faktor yang mempengaruhi pengembangan E-Learning SNE meliputi analisis kebutuhan siswa berkebutuhan khusus, desain konten E-Learning yang disesuaikan, dan pengembangan platform E-learning yang responsif. Selain itu, dalam keberhasilan implementasinya dipengaruhi oleh pelatihan guru dan staf, integrasi solusi E-Learning dalam kurikulum, serta teknologi, infrastruktur, dan lingkungan pendidikan yang menunjang. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa implementasi E-Learning untuk pendidikan berkebutuhan khusus menjadi solusi yang menarik dan membutuhkan perhatian terhadap berbagai aspek yang meliputi tantangan dan peluang terutama dalam pengembangan platform E-learning yang responsif yang mampu menyesuaikan diri dengan berbagai perangkat dan lingkungan belajar, serta memenuhi kebutuhan belajar yang beragam.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, Inklusif, E-Learning, Pendidikan Berkebutuhan Khusus |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus > 371.33 Teaching Equipments/Alat Bantu Mengajar, Peralatan Pembelajaran, Perlengkapan Pengajaran 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pramesti Pramesti Wulandari |
Date Deposited: | 15 Mar 2025 06:07 |
Last Modified: | 15 Mar 2025 06:07 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Author Wulandari, Pramesti NIDN0731129501 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/7096 |