JN, KUMAMAWAAMILUS SHOLIKHATI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN APLIKASI KINEMASTER MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD INTEGRAL LUQMAN AL HAKIM CAMPUREJO BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.
Cover.pdf
Download (353kB)
Awalan.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (524kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (687kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (506kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (297kB)
Daftar pustaka.pdf
Download (410kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Pada masa pandemi Covid 19 ini pembelajaran dilakukan dalam jaringan (daring). Wabah Covid 19 telah mengubah dan mendisrupsi banyak aspek kehidupan kita, pembelajaran daring tidak lagi menjadi pilihan. Daring menjadi kewajiban yang takterelakan. Daring menjadi pilihan satu-satunya untuk memastikan pembelajaran berjalan. Hal ini tentu menambah tantangan baru bagi setiap pelaku pendidikan di Indonesia. Pembelajaran daring membutuhkan media berbasis ICT seperti video pembelajaran yang dapat membantu guru untuk menyampaikan pelajaran. Sehingga guru tidak hanya memberikan tugas yang berlebihan kepada siswa. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media video pembelajaran dengan aplikasi kinemaster dan untuk mengetahui kelayakan media tersebut. Proses pengembangan media video pembelajaran dengan aplikasi kinemaster menggunakan metode Brog and gall dalam penelitian pengembangan dibutuhkan sepuluh langkah untuk menghasilkan produk akhir. Akan tetapi pada penelitian ini peneliti menggunakan sembilan langkah yaitu: (1) mengidentifikasi potensi dan masalah (2) mengumpulkan data dan hasil observasi dan kuesioner yang melibatkan siswa kelas 3 SD Integral luqman Al Hakim Campurejo Bojonegoro (3) mendesain media video sesuai kebutuhan siswa kelas 3 SD dengan pertimbangan aspek pembelajaran, aspek materi, aspek media dan aspek penggunaan, pengambilan gambar dan proses editing, (4) produk dikembangkan dengan pertimbangan validasi ahli materi dan validasi ahli media, (5) merevisi produk sesuai dengan kritik dan saran yang diberikan oleh validator, (6) produk dikembangkan dengan dengan pertimbangan validasi ahli media, (7) merevisi produk sesuai dengan kritik dan saran yang diberikan oleh validasi ahli media, (8) uji coba produk video pembelajaran dengan aplikasi kinemaster pada siswa kelas 3 SD Integral Luqman Al Hakim Campurejo Bojonegoro untuk mengetahui kelayakan produk, (9) merevisi produk/hasil akhir. Hasil uji coba produk menunjukkan kelayakan media video pembelajaran dengan aplikasi kinemaster pada masa pandemi covid 19 di SD Integral Luqman Al Hakim Campurejo Bojonegoro yaitu dengan skor rata-rata kelas 3a regular 84,07%, kelas 3b regular 83,76%, kelas 3a icp 85,31%, dan kelas 3b icp 85,03%
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Video Pembelajaran, Aplikasi Kinemaster, Masa Pandemi |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 19 Apr 2022 06:02 |
Last Modified: | 19 Apr 2022 06:02 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor SA’DIYAH, ZUMROTUS UNSPECIFIED Thesis advisor ROFI’AH, FIRDA ZAKIYATUR UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/700 |