KOLABORASI SISTEM PENDIDIKAN SALAFIYAH DAN KHALAFIYAH DI PESANTREN FATHUL MAJID CAPER KASIMAN BOJONEGORO

SULASTRI, SULASTRI (2021) KOLABORASI SISTEM PENDIDIKAN SALAFIYAH DAN KHALAFIYAH DI PESANTREN FATHUL MAJID CAPER KASIMAN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of 1. cover.pdf] Text
1. cover.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of AWALAN (3).pdf] Text
AWALAN (3).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (904kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf

Download (639kB)
[thumbnail of 8. LAMPIRAN.pdf] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Kolaborasi Sistem Pendidikan Salafiyah dan Khalafiyah. Hal ini terinspirasi karena maraknya pendidikan yang tidak memberikan materi seimbang antara ilmu agama dan ilmu umum. Perpaduan sistem ini bertujuan untuk menjelaskan bahwa pentingnya dua sistem pembelajaran tersebut yang dipadukan, sehingga ketika dua sistem ini berjalan dengan baik, maka pondok pesantren yang menerapkan sistem ini akan mampu menjawab kegelisahan wali santri atau masyarakat. Peneliti menggunakan Pendeketan kualitatif sehingga kebanyakan menghasilkan grounded theory, teori ini timbul dari data bahan dari hipotesis, dengan dasar tersebut penelitian ini sifatnya generating theory, dengan demikian teori ini merupakan teori substantif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Kolaborasi dua sistem pendidikan Salafiyah dan Khalafiyah di Pesantren Fathul Majid Caper Kasiman ini berjalan cukup baik. (2) perlu adanya evaluasi tentang penerapan diantara kedua sistem, karena antara program Salafiyah dan Khalafiyah masih belum berimbang. (3) Masyarakat menilai program ini cukup bagus untuk membentengi moral santri yang belajar di pondok, karena perkembangan zaman yang begitu cepat sehingga mampu untuk menjawab kegelisahan masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Kolaborasi, Sistem Salafiyah, Sistem Khalafiyah
Subjects: 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 19 Apr 2022 03:08
Last Modified: 19 Apr 2022 03:08
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MAMLU’AH, AYA
UNSPECIFIED
Thesis advisor
CHOIRI, MOH MIFTAHUL
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/694

Actions (login required)

View Item
View Item