الاختلاط اللغوي في محادثة الطلاب في المعهد الرضوان المالكي (دراسة لغوية اجتماعية)

PUTRI, RIDHA KURNIA (2024) الاختلاط اللغوي في محادثة الطلاب في المعهد الرضوان المالكي (دراسة لغوية اجتماعية). Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (439kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (783kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (478kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (545kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB) | Request a copy

Abstract

Campur kode (code-mixing) adalah fenomena linguistik di mana satu bahasa disisipkan ke dalam bahasa lain, umum dalam masyarakat multilingual seperti Pondok Pesantren Arridwan Al-Maliky. Dalam sosiolinguistik, campur kode merupakan hasil dari interaksi sosial dan budaya. Penelitian ini bertujuan: (1) Mengidentifikasi bentuk dan jenis campur kode dalam percakapan santri; (2) Menganalisis faktor penyebab dan motivasi santri dalam menggunakan campur kode; dan (3) Mengetahui perbedaan pola penggunaan campur kode antara santri MA dan MTs. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang dipilih untuk memahami secara mendalam fenomena campur kode dalam percakapan santri di Pondok Pesantren Arridwan Al-Maliky. Dengan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh: (1) Dalam percakapan santri di Pondok Pesantren Ar-Ridwan Al-Maliky, terdapat bentuk campur kode antara bahasa Indonesia dan bahasa Arab. Campur kode ini dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis utama: campur kode intersentensial dan campur kode intrasentensial. (2) Faktor penyebab dan motivasi campur kode digunakan dikarenakan campur kode merupakan fenomena alami yang mencerminkan adaptasi terhadap lingkungan keagamaan dan budaya pesantren. (3) Perbedaan pola campur kode antara siswa MTs dan MA di pesantren ini disebabkan oleh tingkat kematangan berbahasa, konteks akademik, dan faktor psikologis.
Kata Kunci : Campur kode, Sosiolinguistik, Multilingual

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Campur kode, Sosiolinguistik, Multilingual
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 300 Ilmu sosial
300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial
400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 410 Linguistik > 410 Linguistik
Divisions: Fakultas Syari'ah dan Adab > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Ridha Kurnia Putri
Date Deposited: 19 Oct 2024 06:38
Last Modified: 19 Oct 2024 06:38
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
DIANTIKA, DEVI EKA
NIDN2123039102
Thesis advisor
KHOLID, AHMAD AMIRUL
NIDN0712079403
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6880

Actions (login required)

View Item
View Item