INTERNALISASI NILAI – NILAI TOLERANSI MELALUI PROGRAM PEMBELAJARAN 4 MADZHAB MENGGUNAKAN KITAB BIDAYATUL MUJTAHID DI PONDOK PESANTREN ALHIDAYAH TUBAN

MASFA, M. FAHMI ALI (2024) INTERNALISASI NILAI – NILAI TOLERANSI MELALUI PROGRAM PEMBELAJARAN 4 MADZHAB MENGGUNAKAN KITAB BIDAYATUL MUJTAHID DI PONDOK PESANTREN ALHIDAYAH TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (409kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (807kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (909kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (445kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (524kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan proses internalisasi nilai – nilai toleransi melalui program pembelajaran 4 madzhab menggunakan Kitab Bidayatul Mujtahid,yang dilakukan dipondok pesantren AlhidayaTuban. Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan jenis pendekatan yang digunakan penkatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan dilapangan dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) proses internalisasi internalisasi dilakukan melalui program pembelajaran 4 madzhab menggunakan Kitab Bidayatul Mujtahid.(2) proses internalisasi dilakukan dengan 3 tahapan, tahapan 1 dilakukan dalam proses pembelajaran didalam kelas degan menggunakan metode diskusi, dan presentasi, tahapa 2 dilakukan pendalaman materi pada setiap materi yang diajarkandari Kitab Bidayatul Mujtahid dengan pemberian ugas untuk merangkum materi yang diajarakn dari berbagai sumber yang ada, selain dengan Kitab yang digubnakan dalam proses pembelajaran, tahapan 3 dilakuannya praktik toleransi pada keseharian santri, yang di lakukan dengan tidak membri laranagn pada santri untuk mengikuti salah satu dari 4 madzhab yang ada, serta tidak adapaksaan pada santri unutk mengikuti 1 madzhab saja, Adapun nilai – nilai toleransi yang diinternalisasikan meliputi, sikap saling menghargai antar perbedan pendapat dan pola fikir.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Toleransi, program pembeajaran, 4 madzhab, Kitab Bidayatul Mujtahid
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. FAHMI ALI MASFA
Date Deposited: 19 Oct 2024 03:18
Last Modified: 19 Oct 2024 03:18
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Ma`arif, M. Jauharul
NIDN2128097201
Thesis advisor
Burhanuddin, Hamam
NIDN2124129001
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6855

Actions (login required)

View Item
View Item