WAYANG FANTASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN STIMULASI KEMAMPUAN BERCERITA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA AS-SYIFA MOJORANU DANDER BOJONEGORO

YULIANI, PUTRI INDAH NUR (2024) WAYANG FANTASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN STIMULASI KEMAMPUAN BERCERITA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA AS-SYIFA MOJORANU DANDER BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of cover .pdf] Text
cover .pdf

Download (51kB)
[thumbnail of awalan.pdf] Text
awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of bab1.pdf] Text
bab1.pdf

Download (711kB)
[thumbnail of bab 2.pdf] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3.pdf] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4.pdf] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5.pdf] Text
bab 5.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of Daftar pustaka (1).pdf] Text
Daftar pustaka (1).pdf

Download (189kB)
[thumbnail of lampiran-lampiran.pdf] Text
lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Bercerita merupakan salah satu bentuk tugas kemampuan berbicara yang bertujuan untuk mengungkapkan kemampuan berbicara yang bersifat pragmatis. Dan bercerita salah satu kegiatan yang disenangi, karena bisa menggunakan media yang bermacam-macam. Salah satunya menggunakan wayang fantasi. Wayang fantasi layak digunakan untuk anak usia 4-5 tahun dalam mengembangkan aspek bercerita karena dengan media wayang fantasi anak-anak juga diajarkan untuk bercerita sesuai dengan imajinasinya yang sesuai dengan tema wayang fantasi tersebut.

Kemampuan bercerita perlu dilatih pada anak usia dini untuk belajar mengekpresikan pikiran, kebutuhan, dan emosinya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui wayang fantasi sebagai media stimulasi kemampuan bercerita usia 4 – 5 tahun. Tempat penelitian dilakukan di RA As Syifa Mojoranu Dander. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan deskriptif. Hasil penelitian berupa indikator kemampuan bercerita: 1. Kesesuaian cerita dengan isi cerita, 2. Ketepatan logika dalam berpikir, 3. Keseluruhan makna dalam cerita. Adapun faktor penghambat dan pendukung wayang fantasi sebagai media pembelajaran stimulasi kemampuan bercerita anak usia 4-5 tahun diantaranyan: Wayang fantasi sangat mudah dimainkan, sangat layak dipakai, media (alat dan bahan) nya mudah didapat, dan gambar wayang mudah dibuat. Faktor penghambat diantaranya: pembuatan wayang menggunakan waktu yang cukup lama, dan membutuhkan tenaga yang ekstra. Rekomendasi penelitian selanjutnya diharapkan dapat dikembangkan media pembelajaran yang melatih kemampuan bercerita anak menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Wayang fantasi,kemampuan anak bercerita dan pendidikan anak usia dini
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Putri Indah Nur Yuliani
Date Deposited: 16 Dec 2024 06:48
Last Modified: 16 Dec 2024 06:48
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
FIKRI, M. TSAQIBUL
NIDN2108089201
Thesis advisor
ULFA, ULFA
NIDN2121067401
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6843

Actions (login required)

View Item
View Item