YULIANI, PUTRI INDAH NUR (2024) WAYANG FANTASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN STIMULASI KEMAMPUAN BERCERITA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA AS-SYIFA MOJORANU DANDER BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
cover .pdf
Download (51kB)
awalan.pdf
Download (1MB)
bab1.pdf
Download (711kB)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (289kB) | Request a copy
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (184kB) | Request a copy
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (240kB) | Request a copy
bab 5.pdf
Download (41kB)
Daftar pustaka (1).pdf
Download (189kB)
lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Bercerita merupakan salah satu bentuk tugas kemampuan berbicara yang bertujuan untuk mengungkapkan kemampuan berbicara yang bersifat pragmatis. Dan bercerita salah satu kegiatan yang disenangi, karena bisa menggunakan media yang bermacam-macam. Salah satunya menggunakan wayang fantasi. Wayang fantasi layak digunakan untuk anak usia 4-5 tahun dalam mengembangkan aspek bercerita karena dengan media wayang fantasi anak-anak juga diajarkan untuk bercerita sesuai dengan imajinasinya yang sesuai dengan tema wayang fantasi tersebut.
Kemampuan bercerita perlu dilatih pada anak usia dini untuk belajar mengekpresikan pikiran, kebutuhan, dan emosinya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui wayang fantasi sebagai media stimulasi kemampuan bercerita usia 4 – 5 tahun. Tempat penelitian dilakukan di RA As Syifa Mojoranu Dander. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan deskriptif. Hasil penelitian berupa indikator kemampuan bercerita: 1. Kesesuaian cerita dengan isi cerita, 2. Ketepatan logika dalam berpikir, 3. Keseluruhan makna dalam cerita. Adapun faktor penghambat dan pendukung wayang fantasi sebagai media pembelajaran stimulasi kemampuan bercerita anak usia 4-5 tahun diantaranyan: Wayang fantasi sangat mudah dimainkan, sangat layak dipakai, media (alat dan bahan) nya mudah didapat, dan gambar wayang mudah dibuat. Faktor penghambat diantaranya: pembuatan wayang menggunakan waktu yang cukup lama, dan membutuhkan tenaga yang ekstra. Rekomendasi penelitian selanjutnya diharapkan dapat dikembangkan media pembelajaran yang melatih kemampuan bercerita anak menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Wayang fantasi,kemampuan anak bercerita dan pendidikan anak usia dini |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Putri Indah Nur Yuliani |
Date Deposited: | 16 Dec 2024 06:48 |
Last Modified: | 16 Dec 2024 06:48 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor FIKRI, M. TSAQIBUL NIDN2108089201 Thesis advisor ULFA, ULFA NIDN2121067401 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6843 |