Pengembangan Media Pembelajaran Creative box Untuk Meningkatkan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al Hikmah Cengkong Parengan Tuban

SUYANTI, SUYANTI (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Creative box Untuk Meningkatkan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al Hikmah Cengkong Parengan Tuban. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (441kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (456kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (372kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (371kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di RA Al Hikmah
Parengan Tuban, adanya suatu permasalahan yang ditemukan pada
saat penelitian yaitu terkait kemampuan anak usia dini tentang
keaksaraan yang diketahui membutuhkan perlakuan yang khusus
dalam menangani proses belajar untuk meningkatkan keaksaraan
pada anak usia 5-6 tahun, di dalam proses pembelajaran
meningkatkan keaksaraan pada anak kurangnya media yang
bervariasi sehinggaanak mudah cenderung kurang bersemangat dan
kurangnya konsentrasi sehingga menimbulkan mudah bosan dalam
pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
keaksaraan pada anak usia 5-6 tahun dengan media creative box
Di dalam jenis penelitian ini menggunakan metode Reseach and
Development (R&D). merupakan suatu model penelitian yang dapat
digunakan untuk menghasilkan produk tertentu yang akan
dikembangkan dan mengguji kegunaan suatu produk dengan
menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari analisis
(analysis), desain (design), pengembangan (development),
implementasi (implementation) dan evaluasi(evaluation)
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran
creative box dapat meningkatkan keaksaraan pada anak usia 5-6
tahun. Hasil dari kelayakan media memperoleh 85% dengan
kategori“layak”dan hasil dari ahli materi memperoleh 92% dengan
kategori “sangat layak”. Penilaian kemampuan anak menggunakan
uji coba kelompok kecil dan kelompok besar, hasil dari uji coba
kelompok kecil sebesar 78% kategori “setuju”, sedangkan uji
kelompok besar sebesar 91% kategori “sangat setuju”. Dalam
proses ini tujuan dari penelitian adalah sebagai proses meningkatkan
pembelajaran tentang keaksaraan pada anak usia 5-6 tahun melalui
media pembelajaran creative box sehingga dalam proses
pembelajaran anak lebih fokus, konsentrasi dan menggurangi
minimnya kebosanan pada saat proses pembelajaran berlangsung
karena media ini di desain semenarik mungkin untuk menarik
perhatian pada anak pada saat proses belajar berlangsung. Kata kunci :meningkatkan keaksaraan, media creative box

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan keaksaraan, media, creative box
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus > 371.33 Teaching Equipments/Alat Bantu Mengajar, Peralatan Pembelajaran, Perlengkapan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Suyanti Suyanti
Date Deposited: 19 Oct 2024 02:23
Last Modified: 19 Oct 2024 02:23
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Kusna, Siti Labiba
NIDN2120018702
Thesis advisor
Fikri, M Tsaqibul
NIDN2108089201
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6840

Actions (login required)

View Item
View Item