SUYANTI, SUYANTI (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Creative box Untuk Meningkatkan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al Hikmah Cengkong Parengan Tuban. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (441kB)
Awalan.pdf
Download (7MB)
BAB I.pdf
Download (456kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (435kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (372kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (371kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di RA Al Hikmah
Parengan Tuban, adanya suatu permasalahan yang ditemukan pada
saat penelitian yaitu terkait kemampuan anak usia dini tentang
keaksaraan yang diketahui membutuhkan perlakuan yang khusus
dalam menangani proses belajar untuk meningkatkan keaksaraan
pada anak usia 5-6 tahun, di dalam proses pembelajaran
meningkatkan keaksaraan pada anak kurangnya media yang
bervariasi sehinggaanak mudah cenderung kurang bersemangat dan
kurangnya konsentrasi sehingga menimbulkan mudah bosan dalam
pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
keaksaraan pada anak usia 5-6 tahun dengan media creative box
Di dalam jenis penelitian ini menggunakan metode Reseach and
Development (R&D). merupakan suatu model penelitian yang dapat
digunakan untuk menghasilkan produk tertentu yang akan
dikembangkan dan mengguji kegunaan suatu produk dengan
menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari analisis
(analysis), desain (design), pengembangan (development),
implementasi (implementation) dan evaluasi(evaluation)
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran
creative box dapat meningkatkan keaksaraan pada anak usia 5-6
tahun. Hasil dari kelayakan media memperoleh 85% dengan
kategori“layak”dan hasil dari ahli materi memperoleh 92% dengan
kategori “sangat layak”. Penilaian kemampuan anak menggunakan
uji coba kelompok kecil dan kelompok besar, hasil dari uji coba
kelompok kecil sebesar 78% kategori “setuju”, sedangkan uji
kelompok besar sebesar 91% kategori “sangat setuju”. Dalam
proses ini tujuan dari penelitian adalah sebagai proses meningkatkan
pembelajaran tentang keaksaraan pada anak usia 5-6 tahun melalui
media pembelajaran creative box sehingga dalam proses
pembelajaran anak lebih fokus, konsentrasi dan menggurangi
minimnya kebosanan pada saat proses pembelajaran berlangsung
karena media ini di desain semenarik mungkin untuk menarik
perhatian pada anak pada saat proses belajar berlangsung. Kata kunci :meningkatkan keaksaraan, media creative box
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Meningkatkan keaksaraan, media, creative box |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus > 371.33 Teaching Equipments/Alat Bantu Mengajar, Peralatan Pembelajaran, Perlengkapan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Suyanti Suyanti |
Date Deposited: | 19 Oct 2024 02:23 |
Last Modified: | 19 Oct 2024 02:23 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Kusna, Siti Labiba NIDN2120018702 Thesis advisor Fikri, M Tsaqibul NIDN2108089201 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6840 |