EFEKTIVITAS MEDIA INTERAKTIF BRAINSMART GAMES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA MIFTAHUL HUDA

SORAYA, NADYA NAJMA (2024) EFEKTIVITAS MEDIA INTERAKTIF BRAINSMART GAMES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA MIFTAHUL HUDA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (629kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (416kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (541kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Brainsmart games adalah media interaktif yang dirancang khusus untuk mengembangkan kemampuan berpikir logis anak usia 5-6 tahun. Menggabungkan permainan yang menyenangkan dengan prinsip-prinsip pendidikan kognitif, brainsmart games menawarkan aktivitas yang merangsang pemikiran kritis dan logika melalui tantangan yang sesuai dengan tahap perkembangan anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas dari media pembelajaran interaktif terhadap kemampuan berpikir logis anak usia 5-6 tahun.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Pre eksperimen dan melibatkan dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat, variabel bebas yaitu media interaktif brainsmart games dan variabel terikat yaitu kemampuan berpikir logis anak usia 5-6 tahun di RA Miftahul Huda Gondang Bojonegoro. Pengumpulan data dilakukan dengan Teknik observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data meliputi uji validitas, uji normalitas dan uji hipotesis untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan atau selisih pada hasil pengukuran kemampuan berpikir logis anak.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut :
(1) penggunaan media interaktif brainsmart games dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis anak usia 5-6 tahun (2) media interaktif brainsmart games efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis pada anak usia 5-6 tahun. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa rata-rata nilai Pre Test yaitu 13,45 lebih rendah dibandingkan dengan nilai Post Test yaitu 19,75. Sementara itu hasil uji hipotesis menggunakan uji paired sample T-test diketahui nilai sig. (2- tailed) sebesar 0,000. Dari peningkatan hasil belajar tersebut, dapat disimpulkan bahwa media interaktif brainsmart games efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir logis anak usia 5-6 tahun.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Interaktif, brainsmart games, Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia 5-6 Tahun.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Nadya Najma Soraya
Date Deposited: 19 Oct 2024 02:09
Last Modified: 19 Oct 2024 02:09
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
FIKRI, M. TSAQIBUL
NIDN2108089201
Thesis advisor
NI'MAH, ROUDLOTUN
NIDN2125068202
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6839

Actions (login required)

View Item
View Item