PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

FITROTIN, RIRIN (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (521kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (496kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (634kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini semakin maju, tentunya sangat berpengaruh kedalam beberapa sekor kehidupan manusia terutama dalam bidang pendidikan. Salah satunya dapat membantu pendidik untuk melalui kebutuhan peserta didik dalam pembelajaran. Untuk memenuhi kebutuhan dalam pembelajaran maka diperlukan adanya media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality untuk memenuhi kebutuhan peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode pengembanagan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (four-D). Model pengembanagan 4D terdidi dari 4 tahapan, yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap define, design dan develop dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi dan lembar respon peserta didik terhadap media pembelajaran AR yang dikembangkan. Penelitian ini dilaksanakan disekolahan dengan siswa kelas VIII yang berjumlah 28 anak. Berdasarkan hasil validasi ahli media didapat bahwa media pembelajaran AR dinyatakan valid dengan skor rata-rata 4,46 oleh ahli media dan 4,7 oleh ahli materi. Berdasarka hasil angket respon siswa terhadap media pembelajaran berbasia Augmented Reality didapat bahwa media pembelajaran AR pada materi bangun ruang sisi datar dinyatakan media pembelajaran AR sangat layak denggan skor rata-rata 4,41.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Berbasis Augmented Reality
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: RIRIN FITROTIN
Date Deposited: 17 Sep 2024 06:46
Last Modified: 17 Sep 2024 06:46
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
FATHONI, M. IVAN ARIFUL
NIDN0705019103
Thesis advisor
FITRI, ANISA
NIDN0719049202
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6767

Actions (login required)

View Item
View Item