ANALISIS PENGARUH PERBANDINGAN AIR FUEL RATIO (AFR) TERHADAP CAMPURAN BAHAN BAKAR ETANOL DARI TUAK PADA PERFORMA MESIN

YUSNAWAN, AHMAD (2024) ANALISIS PENGARUH PERBANDINGAN AIR FUEL RATIO (AFR) TERHADAP CAMPURAN BAHAN BAKAR ETANOL DARI TUAK PADA PERFORMA MESIN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (693kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (355kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (940kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (805kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_.pdf

Download (434kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Air Fuel Ratio (AFR) merupakan perbandingan percampuran bahan bakar dan udara dinyatakan dalam bentuk volume atau berat dari bagian udara dan bensin, bahan bakar harus dapat terbakar sempurna untuk menghasilkan performa yang maksimal dan minimal. Untuk itu perlunya mengatur perbandingan bahan bakar dan udara AFR (Air-Fuel Ratio) pada sepeda motor agar unjuk kerja motor semakin maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbandingan mesin dengan variasi AFR standart dan eksperimen dengan menggunakan campuran bakan bakar etanol dari tuak khususnya pada daya dan torsi. Metode penelitian kuantitatif digunakan untuk mengumpulkan data berupa angka-angka dari percobaan dan pengujian untuk melakukan perbandingan dari topik yang dibahas. Hasil penelitian ini berupa data yang telah divariasikan dan kemudian diuji sehingga menghasilkan kesimpulan bahwa torsi maksimal terdapat pada AFR 15,5 dengan nilai sebesar 22,13 N.m pada putaran 3000 rpm, dan daya maksimal terdapat pada AFR 14,7 dengan nilai sebesar 9,6 HP pada putaran 8000 rpm, dapat disimpulkan adanya peningkatan torsi dan daya bahwa variasi tersebut didapatkan hasil performa yang maksimal. Kata Kunci : Pengaruh Air Fuel Ratio Terhadap Performa, Torsi, dan Daya

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Air Fuel Ratio Terhadap Performa, Torsi, dan Daya
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Mesin
Depositing User: Ahmad Yusnawan
Date Deposited: 15 Nov 2024 06:32
Last Modified: 15 Nov 2024 06:32
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
FAILA, RIZKA NUR
NIDN0723019301
Thesis advisor
ARDIANTI, APRILIA DWI
NIDN0726048902
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6612

Actions (login required)

View Item
View Item