PARJANI, ARIS (2014) ASPEK–ASPEK PENDIDIKAN ISLAM DALAM SEJARAH NABI MUHAMMAD SAW (Analisis Kritis Sejarah Nabi Muhammad Saw Dalam Kitab Kholasoh Nurul Yaqin Juz 2 Tahun ke-5 Hijriyah). Sarjana (S1) thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER DAN ABSTRAK.pdf
Download (411kB)
BAB I.pdf
Download (270kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (386kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (551kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (453kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (217kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (259kB)
Abstract
Pendidikan Islam : yakni perubahan sikap dan tingkah laku sesuai dengan Islam, yaitu Al-Qur’an dan As-sunah. Dalam kitab Kholasoh Nurul Yaqin juz 2 Tahun ke-5 hijrahnya Nabi Muhammad Saw, terdapat beberapa peristiwa yang dialami Nabi dalam menyebarkan agama Islam. Dan perjuangan Rasulullah ditentang oleh kaumnya. Dalam peristiwa yang dialami Rasulullah terdapat aspek aspek pendidikan Islam. Berangkat latar belakang masalah diatas, maka penulis mengangkat dua rumusan masalah. Yakni : 1. Apa saja aspek–aspek pendidikan Islam dalam sejarah Nabi Muhammad Saw di kitab Kholasoh Nurul Yaqin juz 2 Tahun ke-5 Hijriyah, dan 2. Bagaimana implikasinya terhadap dunia pendidikan Islam saat ini. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui apa saja aspek– aspek pendidikan Islam dalam sejarah Nabi Muhammad Saw di kitab Kholasoh Nurul Yaqin juz 2 Tahun ke-5 Hijriyah. Dan 2. Untuk mengetahui bagaimana implikasinya terhadap dunia pendidikan Islam saat ini. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kepustakaan, karena data yang diteliti berupa kitab. Adapun pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan sejarah yaitu peneliti menyelami keseluruhan pemikiran secara mendalam tentang cara untuk memperoleh pandangan pendidikan mengenai sejarah Nabi Muhammad Saw Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1. Dalam Tahun ke-5 Hijriyah terdapat beberapa aspek-aspek pendidikan Islam yaitu : Musyawarah, inovatif dan kreatif, amar ma’ruf nahi mungkar, patuh pada Rasulullah, metode perumpamaan, sabar dan tenang, metode hukuman serta metode keteladanan. 2. Implikasi dalam dunia pendidikan saat ini adalah terciptanya metode diskusi, pendidik mempunyai kemampuan dan keterampilan dalam proses belajar mengajar, jujur dan tidak sombong, patuh pada guru, tercitanya metode perumpamaan, pendidik bisa bersikap sabar dan tenang, terciptanya metode memberi hadiah dan hukuman serta metode keteladanan. Dengan hasil penelitian sebagaimana diuraikan diatas maka beberapa saran yang disampaikan penulis adalah hendaknya setiap orang Islam mengetahui sejarah Nabi Muhammad Saw dan bisa kita ambil hikmahnya untuk dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari agar hidup terasa lebih indah.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Islam, sejarah Nabi Muhammad Saw |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 08 Jun 2021 10:25 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 21:56 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Izza, Yogi Prana UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/66 |