ANALISA DATA MINING MENGGUNAKAN MARKET BASKET ANALYSIS DENGAN METODE ASSOCIATION RULE UNTUK MENGETAHUI POLA BELI KONSUMEN TOKO TAUBAT FOOD

SARI, YUSMITA (2024) ANALISA DATA MINING MENGGUNAKAN MARKET BASKET ANALYSIS DENGAN METODE ASSOCIATION RULE UNTUK MENGETAHUI POLA BELI KONSUMEN TOKO TAUBAT FOOD. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri..

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (988kB) | Request a copy
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (879kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pola beli konsumen Taubat Food dari Januari hingga Desember 2023 menggunakan Market Basket Analysis dan Metode Association Rule. Proses penelitian mencakup pra-pemrosesan data, seperti kategorisasi, pembersihan, dan transformasi data. Algoritma apriori digunakan untuk menemukan pola pembelian berdasarkan nilai support dan confidence. Analisis dilakukan secara manual dengan Excel dan dibandingkan dengan hasil dari
situs web. Hasil penelitian menunjukkan aturan asosiasi dengan support minimal 25% dan confidence minimal 75%. Contohnya, jika konsumen membeli baso aci original, mereka juga cenderung membeli seblak instan dengan support 64% dan
confidence 100%. Sebaliknya, jika mereka membeli seblak instan, kemungkinan besar mereka juga membeli baso aci original dengan support 64% dan confidence 85%. Market Basket Analysis dengan Metode Association Rule sangat efektif dalam mengidentifikasi pola pembelian konsisten di Taubat Food, membantu memahami produk-produk yang sering dibeli bersama.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Market Basket Analisis, Taubat Food, Metode Asosiasi, Algoritma Apriori, Pola Pembelian.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Unnamed user with email 2120200538@unugiri.ac.id
Date Deposited: 26 Aug 2024 01:36
Last Modified: 26 Aug 2024 01:36
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
VIKRI, MUHAMMAD JAUHAR
NIDN0712078803
Thesis advisor
SA'IDA, ITA ARISTIA
NIDN0708039101
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6559

Actions (login required)

View Item
View Item