SARI, YUSMITA (2024) ANALISA DATA MINING MENGGUNAKAN MARKET BASKET ANALYSIS DENGAN METODE ASSOCIATION RULE UNTUK MENGETAHUI POLA BELI KONSUMEN TOKO TAUBAT FOOD. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri..
COVER.pdf
Restricted to Registered users only
Download (988kB) | Request a copy
AWALAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB) | Request a copy
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (747kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (879kB) | Request a copy
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pola beli konsumen Taubat Food dari Januari hingga Desember 2023 menggunakan Market Basket Analysis dan Metode Association Rule. Proses penelitian mencakup pra-pemrosesan data, seperti kategorisasi, pembersihan, dan transformasi data. Algoritma apriori digunakan untuk menemukan pola pembelian berdasarkan nilai support dan confidence. Analisis dilakukan secara manual dengan Excel dan dibandingkan dengan hasil dari
situs web. Hasil penelitian menunjukkan aturan asosiasi dengan support minimal 25% dan confidence minimal 75%. Contohnya, jika konsumen membeli baso aci original, mereka juga cenderung membeli seblak instan dengan support 64% dan
confidence 100%. Sebaliknya, jika mereka membeli seblak instan, kemungkinan besar mereka juga membeli baso aci original dengan support 64% dan confidence 85%. Market Basket Analysis dengan Metode Association Rule sangat efektif dalam mengidentifikasi pola pembelian konsisten di Taubat Food, membantu memahami produk-produk yang sering dibeli bersama.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Market Basket Analisis, Taubat Food, Metode Asosiasi, Algoritma Apriori, Pola Pembelian. |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika |
Depositing User: | Unnamed user with email 2120200538@unugiri.ac.id |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 01:36 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 01:36 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor VIKRI, MUHAMMAD JAUHAR NIDN0712078803 Thesis advisor SA'IDA, ITA ARISTIA NIDN0708039101 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6559 |