PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN SOFTWARE CONSTRUCT 2 PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA DI SMA NEGERI 1 SUGIHWARAS

TRIANAWATI, TRIANAWATI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN SOFTWARE CONSTRUCT 2 PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA DI SMA NEGERI 1 SUGIHWARAS. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dalam menghadapi era digital dan globalisasi, pendidikan perlu terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Sekolah SMA Negeri 1 Sugihwaras banyak peserta didik yang mengalami kesulitan saat belajar matematika karena pengajar hanya memakai buku LKS atau Paket dari Kemendikbud, buku tulis, dan LKPD berbentuk word atau pdf sehingga peserta didik merasa cepat bosan dan kurang dalam memahami materi yang disampaikan. Integrasi teknologi yang tepat dan cerdas diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu cara yang dapat digunakan yaitu dengan penggunaan media pembelajaran interaktif. Media pembelajaran Interaktif adalah bentuk media yang memungkinkan peserta didik untuk berinteraksi secara aktif dengan konten pembelajaran. Software Construct 2 merupakan salah satu solusi yang sesuai untuk pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi pada materi barisan dan deret aritmatika yang interaktif, informatif dan efektif.
Penelitian ini merupakan Research and Development (RnD) atau yang biasa disebut sebagai penelitian dan pengembangan. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Borg and Gall. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kelayakan Media Pembelajaran berbasis Android Math Learning. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sugihwaras di kelas X-1. Hasil pada penelitian ini adalah kevalidan media dengan skor 4,75 merupakan kategori “Media Sangat Valid Digunakan” dan Kevalidan Materi memperoleh skor akhir sebesar 5 dengan kategori “Media Sangat Valid Digunakan”. Sedangkan kelayakan media pembelajaran memperoleh skor 4,70 merupakan kategori “Media Sangat Layak Digunakan”. Media Pembelajaran berbasis Android Math Learning diharapkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran maupun digunakan secara mandiri.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Math Learning, Media Pembelajaran Interaktif, Barisan dan Deret Aritmatika, Borg and Gall
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 513 Aritmatika, Aritmetika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Trianawati Trianawati
Date Deposited: 22 Aug 2024 07:59
Last Modified: 22 Aug 2024 07:59
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
FATHONI, M. IVAN ARIFUL
NIDN0705019103
Thesis advisor
CINDARBUMI, FESTIAN
NIDN0709068903
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6519

Actions (login required)

View Item
View Item