PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SPARKOL VIDEOSCRIBE BERBASIS SELF-DIRECTED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI FASE E DI SMAN 1 NGRAHO

FAJRIATI, YULI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SPARKOL VIDEOSCRIBE BERBASIS SELF-DIRECTED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI FASE E DI SMAN 1 NGRAHO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (941kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (509kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasarkan oleh kemajuan teknologi dalam dunia pendidikan yang belum dimanfaatkan secara optimal. Rendahnya ketertarikan peserta didik dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang masih terpaku pada buku LKS dan menggunakan metode ceramah membuat peserta didik bosan dan menyepelekan pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran Sparkol Videoscribe berbasis Self-Directed Learning, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran Sparkol Videoscribe berbasis Self-Directed Learning, dan (3) mengetahui penggunaan media pembelajaran Sparkol Videoscribe dipadukan dengan model pembelajaran Self-Directed Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi analisis data kualitatif berupa hasil wawancara dengan informan yaitu Waka kurikulum dan guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, kemudian analisis data kuantitatif berupa angket validasi ahli, respon pendidik dan peserta didik. Hasil penelitian dikembangkan mengikuti model ADDIE dengan 5 tahap yaitu, Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Media pembelajaran yang dikembangkan berbentuk video perpaduan gambar, animasi, audio, dan materi yang dibuat dengan tampilan yang menarik yang dibuat menggunakan aplikasi Sparkol Videoscribe dan Canva. Media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak digunakan sesuai dengan uji validasi ahli media dan ahli materi masing-masing mendapatkan skor 92% dan 92%. Respon pendidik terhadap penggunaan Sparkol Videoscribe berbasis Self-Directed Learning mendapatkan skor persentase sebesar 100% dengan kategori sangat baik. Respon peserta didik skala kecil dan skala besar mendapatkan skor persentase masing-masing sebesar 71% dan 79% dengan kategori baik. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa hasil pengembangan media pembelajaran Sparkol Videoscribe berbasis Self-Directed Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Fase E layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran bagi pendidik dan peserta didik di SMAN 1 Ngraho.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, Media Pembelajaran, Sparkol Videoscribe, Self-Directed Learning, ADDIE
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yuli Fajriati
Date Deposited: 19 Aug 2024 06:12
Last Modified: 19 Aug 2024 06:12
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
FAUZIAH, ZUMROTUL
NIDN2112119203
Thesis advisor
CHOIRI, MOH. MIFTAHUL
NIDN0704019003
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6442

Actions (login required)

View Item
View Item