EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORASI SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS X DI MAN 2 BOJONEGORO

AZZAHRO, SHOFIA SALMA (2024) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORASI SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS X DI MAN 2 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (588kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (566kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (477kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (455kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini membahas tentang efektivitas metode pembelajaran Cooperative Script terhadap kemampuan kolaborasi siswa pad mata Pelajaran Aqidah akhlak kelas X di MAN 2 Bojonegoro. Kajian ini dilatar belakangi oleh sekolah MAN 2 Bojonegoro yang masih dengan metode konvensional seperti ceramah, tanya jawab dan menulis. Maka dari itu siswa mengantuk dan tidak fokus, faktor tersebut yang menjadi dasar diterapkan nya metode pembelajaran Cooperative Script dengan kemampuan kolaborasi. Kegiatan pembelajaran ini diasumsikan pada prinsip-prinsip pembelajaran yang hanya bisa dilakukan ketika semua siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran secara kelompok, dengan peran guru hanya sebagai fasilitator.
Jenis Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Dengan jenis penelitian eksperimen dengan jumlah sample 25 siswa kelas kontrol dan 25 kelas eksperimen. pengumpulan data dilakukan dengan Teknik wawancara, observasi, tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji validitas, uji reabilitas untuk mengetahui baik atau tidaknya instrument penelitian yang akan digunakan, serta uji normalitas, uji homogen, dan uji sample t-test digunakan untuk mengetahui adanya pengaruh pada sampel penelitian.
Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan, dengan menggunakan metode pembelajaran Cooperative Script ini bahwa penerapan metode tersebut kemampuan kolaborasi berjalan dengan baik. Dibuktikan pada hasil perhitungan yang di dapat dengan menggunakan nilai post test pada kelas kontrol dan kelas eksperimen sangat berbeda. Kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata sebesar 81,6 sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata sebesar 64,8. Selain itu dilihat dari Uji Independet Sample T test bahwa menggunakan metode pembelajaran Cooperative Script efektif terhadap kemampuan kolaborasi siswa. Pada uji independent sample t test ini menunjukan nilai yang signifikansi (Sig). mean sebesar 0,015 lebih besar dari 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Cooperative Script ini efektif pada kemampuan kolaborasi siswa yang menjadikan siswa lebih aktif selama proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: kemampuan kolaborasi, Metode pembelajaran Cooperative Script.
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email 20015233@unugiri.ac.id
Date Deposited: 19 Aug 2024 06:50
Last Modified: 19 Aug 2024 06:50
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Hamam, Burhanuddin
NIDN2109028601
Thesis advisor
Nisa', Ida Fauziatun
NIDN2124129001
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6435

Actions (login required)

View Item
View Item