UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH BOLA VOLI DENGAN MODIFIKASI PASSING PANTUL PADA SISWA KELAS IV SAMPAI VI SDN NGLATENG II KENDURUAN

Thoyib, Abu (2024) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH BOLA VOLI DENGAN MODIFIKASI PASSING PANTUL PADA SISWA KELAS IV SAMPAI VI SDN NGLATENG II KENDURUAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab I.pdf] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab II.pdf] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III.pdf] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV.pdf] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V.pdf] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran .pdf] Text
Lampiran .pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan passing bawah bola voli dengan modifikasi passing pantul pada siswa kelas IV sampai VI SDN Nglateng II pada tahun pelajaran 2023/2024. Metode penelitian tindakan kelas (Classroom action Research). kelas bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan praktik pengajaran dan secara sistematis mengenai berbagai permasalahan di dalam kelas Pada Siklus I terdapat 21 subjek dalam sampel ini. Mayoritas subjek, yaitu 15 dari total 21 subjek atau sekitar 75%, dinyatakan sebagai "Tuntas". Sementara itu, 6 subjek lainnya atau sekitar 25% dinyatakan sebagai "Tidak tuntas". Data ini menunjukkan bahwa sebagian besar subjek dalam sampel ini telah berhasil mencapai kriteria "Tuntas",Pada Siklus II Total terdapat 21 subjek dalam sampel ini. Mayoritas subjek, yaitu 18 dari total 21 subjek atau sekitar 85%, dinyatakan sebagai "Tuntas". Sementara itu, hanya 3 subjek lainnya atau sekitar 15% yang dinyatakan sebagai "Tidak tuntas". Data ini menunjukkan bahwa sebagian besar subjek dalam sampel ini telah berhasil mencapai kriteria "Tuntas", Berdasarkan hasil analisis data dan diskusi yang dihasilkan, dapat disimpulkan bahwa hasil pengamatan dalam pembelajaran di Sekolah Dasar memiliki kendala : siswa tidak terlalu tertarik untuk pembelajaran bola voli yang menghasilkan hasil belajar yang buruk bagi siswa. Studi ini bertujuan untuk mengetahui apakah modifikasi permainan passing pantul SDN Nglateng II Kenduruan kelas IV sampai VI dapat meningkatkan kemampuan passing bawah. Penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran dan hasil belajar dapat diperbaiki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keberhasilan pada siklus I adalah 75% dan siklus II adalah 85%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perubahan pada permainan passing pantul sudah berhasil membantu meningkatkan kemampuan passing bawah siswa. penelitian berjalan dengan baik dan efisien sesuai dengan proses pembelajaran yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Bola Voli, Passing Bawah, Passing Pantul
Subjects: 700 - Seni dan Rekreasi > 790 Olahraga, permainan dan hiburan > 796 Athletic and Outdoor Sports/Atletik dan Olahraga Luar Ruangan
700 - Seni dan Rekreasi > 790 Olahraga, permainan dan hiburan > 796 Athletic and Outdoor Sports/Atletik dan Olahraga Luar Ruangan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: abu thoyib
Date Deposited: 19 Aug 2024 02:40
Last Modified: 19 Aug 2024 02:40
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Cahyani, OliviaDwi
NIDN0729098702
Thesis advisor
Putri, WahyuSetiaKuscahyaning
NIDN07100291003
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6422

Actions (login required)

View Item
View Item