PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA 3 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PEMBELAJARAN DARING METHOD DI SMA NEGERI 1 SOKO

RAHMAWATI, RISKA DWI (2021) PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA 3 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PEMBELAJARAN DARING METHOD DI SMA NEGERI 1 SOKO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of Awalan (sampul dsb).pdf] Text
Awalan (sampul dsb).pdf

Download (690kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Sisw Kelas X Mipa 3 Pada Mata Pelajaran Pendidkan Agama Islam Melalui Daring Method Di SMA Negeri 1 Soko Pendidikan Agama Islam merupakan mata pelajaran yang menekankan dan membahas tentang nilai-nilai agama serta keyakinan dan perilaku dalam agama islam. Agar pembelajaran daring bisa efektif diperlukan metode pembelajaran daring yang menunjang siswa untuk semangat dalam belajar. Untuk itu guru dituntut harus memberikan pengajaran yang baik, dan menciptakan suasana yang kondusif untuk belajar serta kreatif dan inovatif dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik agar siswa dapat memahami materi pembelajaran dan menjadikan siswa lebih semangat lagi dalam mengikuti pembelajaran sesuai dengan tujuan yang di inginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) motivasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Daring Method di SMA Negeri 1 Soko (2) penerapan pembelajaran Daring Method pada pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X MIPA 3 di SMA Negeri 1 Soko (3) peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X MIPA 3 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui pembelajaran Daring Method di SMA Negeri 1 Soko. . Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi (pengamatan), wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) motivasi belajar siswa dalam kategori rendah, kurangnya efektif dalam penggunaan metode daring yang berdampak pada rendahnya minat siswa dan motivasi belajar siswa sehingga mudah merasa bosan dan malas saat mengikti pembelajaran. (2) penerapan metode pembelajaran daring yang diterapkan mampu menunjang proses belajar mengajar walaupun kadang terkendala jaringan sebagai guru mata pelajaran harus pandai dalam mengkombinasikan metode pembelajaran daring serta menuntut kreatifitas guru dalam mengoptimalisasi dan pemanfaatan media yang ada merupakan rangkaian proses pembelajaran dan belajar yang harus terpenuhi. (3) peningkatan motivasi belajar siswa dari observasi pertama sangat rendah. Namun saat guru menggunakan metode yang bervariasi mampu membangkitkan semangat siswa untuk selalu termotivasi dalam belajar. Sedangkan peningkatan hasil belajar ditandai dengan nilai yang rata-rata diatas pencapaian KKM.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Motivasi dan Hasil Belajar, Daring Method
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 08 Apr 2022 04:34
Last Modified: 08 Apr 2022 04:34
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Huda, Agus
UNSPECIFIED
Thesis advisor
AZIZ, SU’UDIN
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/629

Actions (login required)

View Item
View Item