Students' Perception of ChatGPT for The Enhancement of English Writing Skills

Alfiani, Devi Rena (2024) Students' Perception of ChatGPT for The Enhancement of English Writing Skills. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (635kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (417kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (847kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (973kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (522kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi persepsi mengenai penggunaan aplikasi ChatGPT dalam meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa. ChatGPT adalah kecerdasan buatan yang saat ini populer dan dapat membantu dalam proses penulisan. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran kuantitatif dan kualitatif. pengumpulan data melalui pre-test dan post-test dan meakukan wawncara. subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 4 program study pendidikn bahasa inggris universitas Nahdlatul ulama sunan giri bojonegoro. hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memberikan persepsi positif juga persepsi negatif terhadap ChatGPT. persepsi positif menunjukkan bahwa siswa merasa terbantu dengan adanya ChatGPT untuk kegiatan menulis seperti membantu menemukan konsep, tema , dan organizing outlines . Persepsi negatif menunjukkan bahwa siswa merasa ChatGPT belum bisa meningkatkan kemampuan menulis secara signifikan meskipun ChatGPT dapat membantu dalam menulis. Berdasarkan temuan penelitian ini, peneliti merekomendasikan dilakukannya penelitian lanjutan mengenai integrasi ChatGPT dalam kelas menulis untuk meningkatkan motivasi dalam belajar dan juga peneliti berikutnya disarankan untuk menambah jumlah partisipan dalam wawancara guna memperoleh persepsi yang lebih beragam dari mahasiswa mengenai ChatGPT.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: ChatGPT, AI, Persepsi, kemampuan menulis
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Unnamed user with email 3120200179@unugiri.ac.id
Date Deposited: 19 Aug 2024 06:29
Last Modified: 19 Aug 2024 06:29
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Tauchid, Ahmad
NIDN0726078701
Thesis advisor
Putri, Nanin Verina Widya
NIDN0703039601
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6278

Actions (login required)

View Item
View Item