PENGEMBANGAN ASESMEN DIAGNOSTIK KOGNITIF DAN NON KOGNITIF BERBASIS JOTFORM PADA MATERI SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI INDONESIA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII SMP NEGERI 1 KALITIDU

RAHMA, ALFINA (2024) PENGEMBANGAN ASESMEN DIAGNOSTIK KOGNITIF DAN NON KOGNITIF BERBASIS JOTFORM PADA MATERI SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI INDONESIA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII SMP NEGERI 1 KALITIDU. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (469kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (907kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (497kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (439kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (445kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh asesmen diagnostik kognitif dan non kognitif yang diimplementasikan kurang maksimal kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan serta hasil validitas, reliabilitan, kepraktisan, dan keterbacaan asesmen diagnostik kognitif dan non kognitif berbasis jotform pada materi sejarah masuknya Islam di Indonesia. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat diketahui bahwa hasil uji validasi oleh ahli asesmen kognitif dan non kognitif serta ahli materi pada aspek validitas isi memperoleh rata-rata presentase sebesar 91% “sangat layak”, validitas konstruk memperoleh rata-rata presentase sebesar 91,6% “sangat layak”, serta validitas perwajahan memperoleh rata-rata presentase sebesar 91,6% “sangat layak”. Selain itu, uji validitas item menggunakan model Rasch memperoleh hasil seluruh soal asesmen diagnostik kognitif dikatakan valid kecuali nomor 15 dan 19, soal yang dikatakan tidak valid kemudian dilakukan revisi. Uji reliabilitas menggunakan model Rasch memperoleh nilai person reliability 0,59 “lemah”, Item Reliability 0,78 “cukup”, dan Alpha Cronbach 0,58 “buruk”. Hasil kepraktisan dari angket respon pendidik dan peserta didik memperoleh rata-rata presentase sebesar 87,2% “sangat layak”. Hasil keterbacaan dari angket ahli asesmen kognitif dan non kognitif, ahli materi, respon pendiidk dan peserta didik memperoleh rata-rata presentase sebesar 95,1% “sangat layak”. Hal ini menunjukan bahwa asesmen diagnostik kognitif dan non kognitif yang dikembangkan peneliti layak digunakan

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Asesmen Diagnostik Kognitif dan Non Kognitif, Jotform, Sejarah Masuknya Islam di Indonesia.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ALFINA RAHMAH
Date Deposited: 16 Aug 2024 05:55
Last Modified: 07 Sep 2024 03:59
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Anisah, Gianti
NIDN2104079104
Thesis advisor
Sholahuddin, Moh. Agus
NIDN0710089104
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6252

Actions (login required)

View Item
View Item