RAHMAN, RIFQI MAULANA (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SEVIMA EDLINK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAQ FASE E DI MA ISLAMIYAH MALO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (467kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (760kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (665kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (615kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (271kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (483kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Berdasarkan hasil observasi studi pendahuluan di MA Islamiyah Malo untuk kelas X terdapat 4 kelas dari 5 kelas yang mempunyai kurangnya motivasi belajar lebih tepatnya di kelas X-2 terdapat masih banyak siswa yang pasif dalam pembelajaran, hal itu ditandai dengan banyaknya siswa yang berdiam diri dan pasif selama proses pembelajaran berlangsung, dilihat dari pola interaksi siswa saat pembelajaran, siswa cenderung tidak memperhatikan guru saat guru menjelasakan materi dikelas. Peningkatan motivasi belajar siswa merupakan salah satu kunci utama dalam mencapai tujuan pembelajaran. Di era digital ini, pemanfaatan media pembelajaran interaktif menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran interkatif berbasis Sevima EdLink terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlaq fase E di MA Islamiyah Malo.
Penelitian ini menggunaka jenis penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Islamiyah Malo yang berjumlah 135 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 44 orang yang dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan media pemebelajaran interaktif berbasis Sevima EdLink dan kelas kontrol yang menggunakan media pembelajaran konvesional. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket kuesioner pernyataan motivasi belajar dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil nilai rata-rata kuesioner motivasi belajar kelas eskperimen yang menggunakan Sevima EdLink menunjukkan peningkatan motivasi belajar yang lebih tinggi yaitu sebesar 99,95 dibandingkan kelas kontrol yang hanya 94,86. Hal ini menunjukkan bahwa Sevima EdLink efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlaq.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Sevima EdLink efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlaq fase E di MA Islamiyah Malo. Penggunaan Sevima Edlink dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran dengan lebih mudah dan menarik, sehingga meningkatkan motivasi mereka untuk belajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran interaktif, Sevima EdLink, motivasi belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | RIFQI MAULANA RAHMAN |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 05:33 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 03:08 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor CHOIRI, MOH. MIFTAHUL NIDN0704019003 Thesis advisor SHOFIYUDDIN, AHMAD NIDN2115058905 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6246 |