EFEKTIVITAS PANDUAN PELATIHAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA SMK NEGERI SUMBERREJO

MAWARDA, MAYVILA (2024) EFEKTIVITAS PANDUAN PELATIHAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA SMK NEGERI SUMBERREJO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (932kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (542kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (494kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (489kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20MB) | Request a copy

Abstract

Kecanduan Game Online mempunyai arti sebagai keinginan individu yang tidak dapat dihindari untuk memainkan game online sehingga membuat dirinya tidak menghiraukan situasi atau orang lain di sekitarnya. Instrument kuesioner peneliti mengacu pada aspek-aspek kecanduan game online dalam panduan pelatihan yang terdiri dari 5 aspek yaitu aspek kesehatan, aspek psikologis, aspek akademik, aspek sosial, dan aspek keuangan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektifitas produk panduan pelatihan teknik self management untuk mengurangi kecanduan game online pada siswa SMK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian True Experimental Design bentuk Pretest- Posttest Control Group Design. Pengumpulan data menggunakan kuesioner kecanduan game online, observasi, wawancara dan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS versi 16 dengan melakukan uji normalitas Shapirrow-Wilk, uji homogenitas, dan uji dependent samples T-Test. Dari Hasil uji dependent samples T-Test menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.000 yang artinya < 0.05, maka menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Hα diterima yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok control dalam penerapan panduan pelatihan teknik self management dalam mengurangi kecanduan game online. Berdasarkan hasil penerapan penggunaan buku panduan pelatihan bimbingan kelompok Teknik self management dapat mengurangi kecanduan game online pada siswa SMK.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Kecanduan Game Online, Self Management, Bimbingan Kelompok
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Mayvila Mawarda
Date Deposited: 16 Aug 2024 04:38
Last Modified: 16 Aug 2024 04:38
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Cahyaningrum, Vesti Dwi
NIDN0715049401
Thesis advisor
Efendi, Moh. Yusuf
NIDN0706018902
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6242

Actions (login required)

View Item
View Item