EFEKTIFITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME PUBG PADA SISWA MTs DARUL ULUM

BAHTIAR, IMAM (2024) EFEKTIFITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME PUBG PADA SISWA MTs DARUL ULUM. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (26kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (930kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (461kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Kecanduan game online PUBG adalah perilaku seseorang yang ingin terus bermain game dan menghabiskan banyak waktu serta dimungkinkan individu yang bersangkutan tidak mampu mengontrol atau mengendalikannya. Dalam pembuatan instrumen berupa kuesioner yang mengacu pada aspek Kecanduan game onlineyaitu salience (arti), Tolerance (Toleransi), Mood Modification (Modifikasi Mood),Relapse (Pengulangan), Withdrawal (Penarikan), Conflict (Konflik), dan Problem (Masalah). Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui gambaran Kecanduan game online PUBG siswa, 2) Untuk mengetahui keefektifan kelompok dengan teknik cognitive restructuring untuk mengurangi Kecanduan game online PUBG
siswa. Gambaran tingkat Kecanduan game online PUBG siswa MTs Darul Ulumterdapat 35% siswa dengan kategori tinggi dan 65% siswa dengan kategori sedang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian
True-experimental dengan desain Posttest Only Control Design. Pengumpulan data menggunakan kuesioner kecanduan game online PUBG, observasi, wawancara dan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisisdata dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS versi 16 dengan melakukan uji normalitas Shapiro-Wilk dan uji independent sample test. Dari Hasil uji independent sample test menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.000 yangartinya < 0.05, maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian penerapan konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring terbukti efektif untukmengurangi kecanduan game PUBG pada siswa MTs Darul Ulum

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Kecanduan Game PUBG, Cognitive Restructuring, Konseling Kelompok
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: IMAM BAHTIAR
Date Deposited: 16 Aug 2024 04:10
Last Modified: 16 Aug 2024 04:10
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
SETYONINGSIH, YUNITA DWI
NIDN0710068404
Thesis advisor
TAWAKKAL, M. IQBAL
NIDN0707038802
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6222

Actions (login required)

View Item
View Item