Pre-service English Teachers’ Experience in Implementing Critical Thinking in English Teaching and Learning

ASFIRANTI, FIFI (2024) Pre-service English Teachers’ Experience in Implementing Critical Thinking in English Teaching and Learning. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (528kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (866kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (360kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (604kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB) | Request a copy

Abstract

Menerapkan berpikir kritis adalah kemampuan untuk secara aktif, menganalisis, menilai dan memahami informasi secara mendalam sebelum mengambil keputusan atau menyimpulkan sesuatu. Peneliti melakukan penelitian ini pada dua orang mahasiswa pendidikan bahasa Inggris Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri untuk mengetahui kendala dan upaya apa saja yang diterapkan saat mengajar di kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara semi terstruktur. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat delapan kendala yang dihadapi guru, yaitu metode pengajaran tradisional, keterbatasan waktu, tantangan penilaian, pelatihan guru, gangguan disiplin, penolakan terhadap perubahan, keterbatasan sumber daya, serta faktor budaya dan sosial. Semua kendala tersebut telah diatasi dengan baik, yaitu dengan menggunakan berbagai upaya seperti memetakan argumen, menganalisis teks dan sumber, menggunakan contoh dunia nyata, mendorong pembelajaran kolaboratif, membangun hubungan, memberikan instruksi yang jelas, mendorong pembelajaran berbasis inkuiri, mendemonstrasikan proses berpikir, meningkatkan prestasi akademik, dan keterampilan memecahkan masalah.. Rekomendasi bagi peneliti selanjutnya adalah mengembangkan penelitian ini dengan menggunakan kelas perbandingan dan memperluas cakupan penelitian dan peneliti selanjutnya dapat mengembangkannya dengan menggunakan lebih banyak instrumen penelitian untuk lebih memperkuat hasil.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Guru Bahasa Inggris Prajabatan, Hambatan dan Upaya
Subjects: 400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 400 Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Unnamed user with email 3120200184@unugiri.ac.id
Date Deposited: 16 Aug 2024 02:52
Last Modified: 16 Aug 2024 02:52
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
FATONI, MOHAMMAD
NIDN0710038503
Thesis advisor
PUTRI, NANIN VERINA WIDYA
NIDN0703039601
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6166

Actions (login required)

View Item
View Item