DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-HIDAYAH PACUL PERMAI BOJONEGORO

MAHFUDHOH, LILIK (2021) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-HIDAYAH PACUL PERMAI BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of awalan.pdf] Text
awalan.pdf

Download (669kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (472kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Saat ini kemamampuan membaca permulaan menjadi sesuatu yang sangat ditekankan pada anak usia 5-6 tahun, sebab banyak SD/MI/sederajat yang mengharuskan calon siswa barunya untuk mengikuti ujian membaca. Padahal dahulu untuk anak usia 5-6 tahun belum diperbolehkan belajar membaca. Hal ini membuat proses pembelajaran harus dilakukan pembaharuan dan penyesuaian yang tepat. Lantaran anak usia 5-6 tahun masih berada dalam masa-masa bermain, maka pembelajaran membaca permulaan haruslah berupa pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Diantara cara pembelajaran yang menyenangkan adalah dengan menerapkan display kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap penerapan display kelas dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Al - Hidayah Pacul Permai, dengan fokus penelitian mencakup; 1) display kelas di TK Al -Hidayah Pacul Permai, 2) kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Al -Hidayah Pacul Permai dan 3) penerapan display kelas dan kemampuan membaca permulaan. Penelitian ini tergolong ke dalam jenis penelitian kualitatif dengan metodologi tindakan kelas. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang diperoleh melalui proses penggalian data menggunakan metode dokumentasi, observasi( bantuan tabel indikator ) dan wawancara. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Display kelas di TK Al -Hidayah Pacul Permai kebanyakan dibuat oleh lembaga. Untuk display kelas dari anak didik dipajang beberapa hari sebagai apresiasi karya anak.. Display dipasang di ketinggian 120 cm dan diganti paling lama 3 minggu untuk display yang kukan permanen, 2) Kemampuan membaca permulaan anak kelompok usia 5-6 tahun di TK AL-Hidayah Pacul Permai cukup bagus. indikator 1 pada Tahap 1 masih bayak yang MB( Mulai berkembang) bahkan BB( Beleum berkembeng),Tahap 2 semakin menigkat dengan ditandai pada Indikator 4 nilai MB ( Mulai berkembang ) didapat oleh 7 anak, dan Tahap 3 di Indikator 4 terus menigkat,hingga mencapai 9 siswa yang MB (Mulai berkembang ) dan 6 siswa yang BSH (Berkembang sesuai harapan).Penerapan display kelas dalam meningkatkan kemampuam membaca permulaan.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Display kelas, Kemampuan membaca permulaan
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 07 Apr 2022 07:15
Last Modified: 07 Apr 2022 07:15
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Ulfa, Ulfa
UNSPECIFIED
Thesis advisor
MUFID, MIFTAHUL
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/615

Actions (login required)

View Item
View Item