PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, LINGKUNGAN, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN TIPE INDEX CARD MATCH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X.1 IPA SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TEMAYANG

HENDRAWATI, SITI (2021) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, LINGKUNGAN, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN TIPE INDEX CARD MATCH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X.1 IPA SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TEMAYANG. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (754kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (426kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (377kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (448kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAILKEM) adalah pendekatan mengajar (approach teaching) yang digunakan bersama dengan metode tertentu dan berbagai media pengajaran yang disertai dengan peserta didik merasa tertarik dan mudah menyerap pengetahuan dan ketrampilan yang diajarkan. Index Card Match (ICM) adalah strategi yang cukup menyenagkan yang digunakan untuk mengulang materi yang telah diajarkan sebelumnya. Metode “Mencari Pasangan Kartu” cukup menyenangkan yang digunakan untuk mengulangi materi pembelajaran yang telah diberikan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penggunaan metode PAILKEM pada mata pelajaran PAI kelas X.1 Ipa di SMA Islam Temayang, dengan sub fokus mencakup 1) Bagaimana Penerapan Metode PAILKEM Tipe Index Card Match di SMA Islam Temayang, 2) Apa Faktor Pendukung Dan Penghambat Penerapan PAILKEM Tipe Index Card match di SMA Islam Temayang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalaui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data, penulis melakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan data. Wawancara dilakukan terhadap guru PAI dan beberapa siswa di SMA Islam Temayang. Observasi dilakukan dengan mengamati kegiatan pembelajaran saat menggunakan metode PALKEM, sedangkan dokumentasi diambil dari hal-hal yang berkaitan dengan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum adanya metode PAILKEM ini SMA Islam Temayang menggunakan metode ceramah yang dirasa kurang berhasil dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Pada tahun 2018 beralih menggunakan metode PAILKEM tipe index card match dan berhasil terealisasikan dengan baik di SMA Islam Temayang. Pembelajaran mengguankan metode PAILKEM tipe index card match dilakukan setiap minggu sekali dengan alokasi waktu 2×30 menit JP dalam pembelajaran PAI. Adapun faktor pendukung Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam Metode PAILKEM yaitu: Faktor Pendukung: Tenaga Pendidik Atau Sumber Daya Manusia, Keikut Sertaan Peserta Didik Dalam Pembelajaran, Pembagian Alokasi Waktu Oleh Pihak Sekolah sedangkan Faktor Penghambat: guru kurang maksimalnya guru dalam menggunakan metode PAILKEM Tipe Index Card Match, Peserta didik yang pasif dalam pembelajaran, alokasi waktu yang kurang dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode PAILKEM, Tipe Index Card Match, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 07 Apr 2022 04:44
Last Modified: 07 Apr 2022 04:44
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Fahman, Mundzar
UNSPECIFIED
Thesis advisor
NISA', IDA FAUZIATUN
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/613

Actions (login required)

View Item
View Item