HENDRAWATI, SITI (2021) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, LINGKUNGAN, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN TIPE INDEX CARD MATCH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X.1 IPA SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TEMAYANG. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (131kB)
AWALAN.pdf
Download (754kB)
BAB 1.pdf
Download (426kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (583kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (348kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (630kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (377kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (448kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAILKEM) adalah pendekatan mengajar (approach teaching) yang digunakan bersama dengan metode tertentu dan berbagai media pengajaran yang disertai dengan peserta didik merasa tertarik dan mudah menyerap pengetahuan dan ketrampilan yang diajarkan. Index Card Match (ICM) adalah strategi yang cukup menyenagkan yang digunakan untuk mengulang materi yang telah diajarkan sebelumnya. Metode “Mencari Pasangan Kartu” cukup menyenangkan yang digunakan untuk mengulangi materi pembelajaran yang telah diberikan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penggunaan metode PAILKEM pada mata pelajaran PAI kelas X.1 Ipa di SMA Islam Temayang, dengan sub fokus mencakup 1) Bagaimana Penerapan Metode PAILKEM Tipe Index Card Match di SMA Islam Temayang, 2) Apa Faktor Pendukung Dan Penghambat Penerapan PAILKEM Tipe Index Card match di SMA Islam Temayang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalaui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data, penulis melakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan data. Wawancara dilakukan terhadap guru PAI dan beberapa siswa di SMA Islam Temayang. Observasi dilakukan dengan mengamati kegiatan pembelajaran saat menggunakan metode PALKEM, sedangkan dokumentasi diambil dari hal-hal yang berkaitan dengan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum adanya metode PAILKEM ini SMA Islam Temayang menggunakan metode ceramah yang dirasa kurang berhasil dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Pada tahun 2018 beralih menggunakan metode PAILKEM tipe index card match dan berhasil terealisasikan dengan baik di SMA Islam Temayang. Pembelajaran mengguankan metode PAILKEM tipe index card match dilakukan setiap minggu sekali dengan alokasi waktu 2×30 menit JP dalam pembelajaran PAI. Adapun faktor pendukung Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam Metode PAILKEM yaitu: Faktor Pendukung: Tenaga Pendidik Atau Sumber Daya Manusia, Keikut Sertaan Peserta Didik Dalam Pembelajaran, Pembagian Alokasi Waktu Oleh Pihak Sekolah sedangkan Faktor Penghambat: guru kurang maksimalnya guru dalam menggunakan metode PAILKEM Tipe Index Card Match, Peserta didik yang pasif dalam pembelajaran, alokasi waktu yang kurang dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode PAILKEM, Tipe Index Card Match, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 07 Apr 2022 04:44 |
Last Modified: | 07 Apr 2022 04:44 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Fahman, Mundzar UNSPECIFIED Thesis advisor NISA', IDA FAUZIATUN UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/613 |