Alfianto, Ahmad (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS LIVEWORKSHEET PADA MATERI AKHLAK TERCELA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (258kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (341kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (411kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (483kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (711kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (267kB)
Daftar pustaka.pdf
Download (288kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (958kB) | Request a copy
Abstract
Pendidikan akhlak merupakan bagian penting dalam pendidikan Islam. Tujuannya adalah untuk membentuk generasi muda yang berakhlak mulia dan berkarakter Islami. Salah satu materi penting dalam mata pelajaran Akidah Akhlak adalah materi tentang akhlak tercela. Namun, hasil belajar siswa pada materi ini masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kurangnya instrumen evaluasi yang tepat dan menarik.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bojonegoro dengan melibatkan 6 siswa kelas X sebagai sampel.
Penelitian ini menghasilkan instrumen evaluasi pembelajaran berbasis Liveworksheet pada materi akhlak tercela yang terdiri dari 10 soal. Instrumen ini telah diuji validitas dan reliabilitasnya dan dinyatakan valid dan reliabel. Hasil uji coba menunjukkan bahwa instrumen ini efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi akhlak tercela.
Instrumen evaluasi pembelajaran berbasis Liveworksheet pada materi akhlak tercela yang dikembangkan dalam penelitian ini terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Madrasah Aliyah. Instrumen ini dapat digunakan oleh guru untuk menilai pemahaman siswa tentang materi akhlak tercela dan untuk memotivasi siswa dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Akhlak Tercela, Akidah Akhlak, Hasil Belajar, Instrumen Evaluasi, Liveworksheet. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | AHMAD ALFIANTO |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 02:44 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 02:44 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Aziz, Su’udin NIDN2121128602 Thesis advisor Khoiriyah, Siti NIDN0721099501 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5911 |