PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS LIVEWORKSHEET PADA MATERI AKHLAK TERCELA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH

Alfianto, Ahmad (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS LIVEWORKSHEET PADA MATERI AKHLAK TERCELA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (341kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of Daftar pustaka.pdf] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (958kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan akhlak merupakan bagian penting dalam pendidikan Islam. Tujuannya adalah untuk membentuk generasi muda yang berakhlak mulia dan berkarakter Islami. Salah satu materi penting dalam mata pelajaran Akidah Akhlak adalah materi tentang akhlak tercela. Namun, hasil belajar siswa pada materi ini masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kurangnya instrumen evaluasi yang tepat dan menarik.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bojonegoro dengan melibatkan 6 siswa kelas X sebagai sampel.
Penelitian ini menghasilkan instrumen evaluasi pembelajaran berbasis Liveworksheet pada materi akhlak tercela yang terdiri dari 10 soal. Instrumen ini telah diuji validitas dan reliabilitasnya dan dinyatakan valid dan reliabel. Hasil uji coba menunjukkan bahwa instrumen ini efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi akhlak tercela.
Instrumen evaluasi pembelajaran berbasis Liveworksheet pada materi akhlak tercela yang dikembangkan dalam penelitian ini terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Madrasah Aliyah. Instrumen ini dapat digunakan oleh guru untuk menilai pemahaman siswa tentang materi akhlak tercela dan untuk memotivasi siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Akhlak Tercela, Akidah Akhlak, Hasil Belajar, Instrumen Evaluasi, Liveworksheet.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: AHMAD ALFIANTO
Date Deposited: 15 Aug 2024 02:44
Last Modified: 15 Aug 2024 02:44
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Aziz, Su’udin
NIDN2121128602
Thesis advisor
Khoiriyah, Siti
NIDN0721099501
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5911

Actions (login required)

View Item
View Item