SILVIANA, SILVIANA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKATIF ”ZAT QUEST” BERBASIS SMARTPHONE UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PADA MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA FASE B SDN 1 KADIPATEN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (1MB)
AWALAN.pdf
Download (3MB)
BAB I.pdf
Download (2MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (2MB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti dengan guru kelas IV di SDN Kadipaten 1 Bojonegoro, bahwa permasalahan yang ditemukan yaitu pada pelajaran IPAS materi wujud zat dan perubahannya guru masih menggunakan modul ajar siswa. Peserta didik tidak bersemangat mengikuti proses pembelajaran, materi wujud zat dan perubahnnya dianggap sulit, siswa merasa bosan jika mendengarkan penjelasan dari guru saja yang mengakibatkan siswa tidak memahami pelajaran sehingga literasi sains siswa menurun. Pengembangan media pembelajaran game edukatif “Zat Quest” merupakan solusi dari permasalahan ini. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mengetahui tahapan pengembangan Game Edukatif “Zat Quest” berbasis Smartphone sebagai pendukung pembelajaran IPAS pada materi Wujud Zat dan Perubahannya untuk siswa kelas IV SDN 1 Kadipaten Bojonegoro (2) Mengetahui kelayakan Game Edukatif “Zat Quest” berbasis Smartphone pada materi Wujud Zat dan Perubahannya siswa kelas IV SDN 1 Kadipaten (3) Mengetahui peningkatan literasi sains siswa terhadap Game Edukatif “Zat Quest” berbasis Smartphone sebagai pendukung pembelajaran IPAS pada materi Wujud Zat dan Perubahannya untuk siswa kelas IV SDN 1 Kadipaten. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari Anaysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Pelaksanaan) dan Evaluate (Evaluasi). Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket dan tes. Teknik analisis data meliputi uji validasi ahli, uji validitas untuk mengetahui baik tidaknya instrument penelitian yang digunakan dan uji reliabilitas untuk mengetahui instrument penelitian yang digunakan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk layak digunakan sesuai dengan uji validitas para ahli. Berdasarkan uji validasi ahli media mendapatkan 92% kriteria ”sangat baik”, validasi ahli materi mendapatkan 92% kriteria “sangat baik”, validasi bahasa mendapatkan 78% kriteria “baik”, serta analisis respon siswa mendapatkan 84% dan memenuhi standar “sangat praktis”. Analisis hasil belajar siswa mendapat hasil rata-rata nilai 83% dan memperoleh uji N-Gain% 0,83 kategori baik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa game edukatif ”Zat Quest” berbasis smartphone pada materi wujud zat dan perubahannya untuk meningkatkan literasi sains siswa, sangat layak, praktis, dan efektif.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Game Edukatif, Literasi Sains, wujud zat dan perubahannya |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Silviana . |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 05:58 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 05:58 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Habibullah, Muhammad Romadlon NIDN2109058801 Thesis advisor Rofi'ah, Firda Zakiyatur NIDN2106089303 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5861 |