PENGEMBANGAN PANDUAN PELATIHAN TEKNIK EXPRESSIVE WRITING THERAPY UNTUK MENGURANGI STRES AKADEMIK SISWA SMP DI MASA PANDEMI COVID-19

Nizar, Rizqy Ainun (2021) PENGEMBANGAN PANDUAN PELATIHAN TEKNIK EXPRESSIVE WRITING THERAPY UNTUK MENGURANGI STRES AKADEMIK SISWA SMP DI MASA PANDEMI COVID-19. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of 000 COVER-DAFTAR ISI.pdf] Text
000 COVER-DAFTAR ISI.pdf

Download (750kB)
[thumbnail of 001 BAB I.pdf] Text
001 BAB I.pdf

Download (366kB)
[thumbnail of 002 BAB II.pdf] Text
002 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[thumbnail of 003 BAB III.pdf] Text
003 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[thumbnail of 004 BAB IV.pdf] Text
004 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[thumbnail of 005 BAB V.pdf] Text
005 BAB V.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of 006 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
006 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (453kB)
[thumbnail of 007 LAMPIRAN.pdf] Text
007 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Teknik expressive writing therapy merupakan terapi yang menggunakan aktifitas menulis sebagai media untuk mengekspresikan pikiran dan perasaan. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan panduan pelatihan teknik expressive writing therapy untuk mengurangi stress akademik siswa. Teknik expressive writing therapy merupakan terapi utama mengembangkan insight yang lebih secara mengenal tentang diri dan situasi yang sedang dihadapi. Teknik expressive writing therapy dilakukan 90 menit pada setiap pertemuannya. Pada hasil analisis kuesioner yang dibagikan pada tiga sekolah di 3 kecamatan di Kabupaten Bojonegoro terdapat 2 siswa yang mengalami tingkat stres akademik sangat tinggi dengan persentase 2,38%, terdapat juga 37 siswa yang mengalami tingkat stres akademik tinggi dengan persentase 42,52% dan 35 siswa mengalami tingkat stres akademik sedang dengan persentase 40,22%. Hasil dari panduan pelatihan ini telah melewati tiga uji ahli yaitu, uji ahli bimbingan dan konseling, uji ahli media dan uji calon pengguna produk. Berdasarkan hasil dari penilaian uji ahli tersebut bahwa pandaun penelitian teknik expressive writing therapy sangat berguna untuk mengurangi stres akademik siswa SMP. Dari hasil penilaian tiga uji ahli terdapat kesimpulan bahwa buku panduan teknik expressive writing therapy layak, tepat guna dan dapat digunakan sebagai panduan untuk konselor SMP.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Teknik Expressive Writing Therapy. Stres Akademik, Siswa SMP
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 155 Psikologi diferensial dan psikologi perkembangan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 06 Apr 2022 03:11
Last Modified: 06 Apr 2022 03:11
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Cahyaningrum, Vesti Dwi
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Sari, Astrid Chandra
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/581

Actions (login required)

View Item
View Item