Nizar, Rizqy Ainun (2021) PENGEMBANGAN PANDUAN PELATIHAN TEKNIK EXPRESSIVE WRITING THERAPY UNTUK MENGURANGI STRES AKADEMIK SISWA SMP DI MASA PANDEMI COVID-19. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
000 COVER-DAFTAR ISI.pdf
Download (750kB)
001 BAB I.pdf
Download (366kB)
002 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (377kB) | Request a copy
003 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (432kB) | Request a copy
004 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (482kB) | Request a copy
005 BAB V.pdf
Download (335kB)
006 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (453kB)
007 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Teknik expressive writing therapy merupakan terapi yang menggunakan aktifitas menulis sebagai media untuk mengekspresikan pikiran dan perasaan. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan panduan pelatihan teknik expressive writing therapy untuk mengurangi stress akademik siswa. Teknik expressive writing therapy merupakan terapi utama mengembangkan insight yang lebih secara mengenal tentang diri dan situasi yang sedang dihadapi. Teknik expressive writing therapy dilakukan 90 menit pada setiap pertemuannya. Pada hasil analisis kuesioner yang dibagikan pada tiga sekolah di 3 kecamatan di Kabupaten Bojonegoro terdapat 2 siswa yang mengalami tingkat stres akademik sangat tinggi dengan persentase 2,38%, terdapat juga 37 siswa yang mengalami tingkat stres akademik tinggi dengan persentase 42,52% dan 35 siswa mengalami tingkat stres akademik sedang dengan persentase 40,22%. Hasil dari panduan pelatihan ini telah melewati tiga uji ahli yaitu, uji ahli bimbingan dan konseling, uji ahli media dan uji calon pengguna produk. Berdasarkan hasil dari penilaian uji ahli tersebut bahwa pandaun penelitian teknik expressive writing therapy sangat berguna untuk mengurangi stres akademik siswa SMP. Dari hasil penilaian tiga uji ahli terdapat kesimpulan bahwa buku panduan teknik expressive writing therapy layak, tepat guna dan dapat digunakan sebagai panduan untuk konselor SMP.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teknik Expressive Writing Therapy. Stres Akademik, Siswa SMP |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 155 Psikologi diferensial dan psikologi perkembangan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 06 Apr 2022 03:11 |
Last Modified: | 06 Apr 2022 03:11 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Cahyaningrum, Vesti Dwi UNSPECIFIED Thesis advisor Sari, Astrid Chandra UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/581 |