PENGEMBANGAN KURIKULUM PESANTREN BERBASIS KKNI PADA PERGURUAN TINGGI DI STAI AL-ANWAR SARANG REMBANG

ALWY, SYIHABUDDIN (2024) PENGEMBANGAN KURIKULUM PESANTREN BERBASIS KKNI PADA PERGURUAN TINGGI DI STAI AL-ANWAR SARANG REMBANG. Magister (S2) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (10MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (10MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengembangan kurikulum Pesantren pada perguruan tinggi dengan berbasiskan KKNI yang berjalan di STAI Al-Anwar Sarang Rembang. Berdasarkan tujuan tersebut penelitian ini mengunakan Pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, interview, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan melakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan mereview data dan teori yang telah dibangun dalam penelitian. Pengecekan keabsahan datan dengan triangulasi sumber dan Teknik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Konsep pengembangan pesantren berbasis KKNI pada perguan tinggi di STAI Al-Anwar Sarang Rembang berlandaskan aspek religious, filosofis, psikologi dan perkembangan zaman dengan mempertibangan prinsip relevansi dan kesinambungan melalui pendekatan subject akademik Adapun tujuannya adalah membentuk para mahasiswa yang yang berkultur pesantren salaf akan tetapi memiliki pola pikir kritis akademis. Pengembangan kurikulim dilaksanakan dengan tahapan penyusunan oleh tim penyusun yang dikordinir oleh para KaProd, selanjutnya dalam tahap penyempurnya melibatkan para civitas akademik baik dari unsur pimpinan maupun dosen pengampu matakuliah. Setelah tanap penyempurnaan selanjutnya kurikulum yang ada di manifestasikan dalam Rencana Perkuliahan Semester (RPS). (2) Implemantasi pngembangan kurikulum pesantren berbasis KKNI di STAI Al-Anwar Sarang dilaksanakan melalui praktikum dalam pelaksanaan pembelajaran pada mata kuliah khas pesantren. Seperti praktik membaca kitab, tahfidz al-Qur’an dan Tajwid dan pembelajaran Bahasa Arab yang lebih menekankan pada kemampuan memahami nahwu shorof. Akan tetapi implementasinya belum begitu maksimal sebab SDM yang ada kurang mamahami konsep kurikulum KKNI dan kurangnya pendampingan mampun sosialiasai dari para ahli bidang pengembangan kurikulum KKNI. Meskipun demikian Lembaga terus berusaha untuk meningkatkan pencapaian pembelajaran yang ada dengan membentuk wadah beruapa UKM yang berfokus pada kajian-kajian kitab dan pengembangan Bahasa. Selain itu, keberadaan pesantren mahasiswa juga menjadi faktor pendukung dalam mensukseskan pengembangan kurikulum yang ada.

Item Type: Thesis (Magister (S2))
Uncontrolled Keywords: Pegembangan Kurikulum, Pesantren, and KKNI
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syihabuddin Alwy
Date Deposited: 12 Aug 2024 05:54
Last Modified: 12 Aug 2024 05:54
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Izza, Yogi Prana
NIDN0731127601
Thesis advisor
Burhanuddin, Hamam
NIDN2109028600
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5808

Actions (login required)

View Item
View Item