PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAGICBOOK AUGMENTED REALITY (MARI) BERBASIS ETNOMATEMATIKA RUMAH ADAT JOGLO

DAMAYANTI, AIRA PUTERI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAGICBOOK AUGMENTED REALITY (MARI) BERBASIS ETNOMATEMATIKA RUMAH ADAT JOGLO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (853kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (347kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (398kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum merdeka mendukung penerapan teknologi dalam proses pembelajaran dengan mendorong para pendidik agar berinovasi dalam mengembangkan media pembelajaran yang menarik. Dalam penelitian ini, teknologi yang digunakan untuk membuat peserta didik aktif melalui pengalaman belajar visualisasi secara langsung yaitu teknologi Augmented Reality (AR). Peneliti mengkolaborasikan teknologi Augmented Reality dengan bahan ajar berupa Magicbook. Hadirnya etnomatematika memberikan warna baru dalam proses pembelajaran untuk peserta didik karena mengaitkan matematika dengan budaya. Budaya yang diangkat dalam penelitian ini adalah rumah adat Joglo karena struktur bangunan rumah Joglo merupakan representasi ilmu matematika materi bangun ruang sisi datar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan dan kelayakan media pembelajaran Magicbook Augmented Reality (MARI) berbasis etnomatematika rumah adat Joglo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Magicbook Augmented Reality dinyatakan valid oleh ahli media dengan skor 3,82 dengan tingkat validitas yaitu sangat valid dan dinyatakan valid oleh dua ahli materi dengan skor rata-rata 3,50 dengan tingkat validitas yaitu sangat valid. Magicbook Augmented Reality juga dinyatakan sangat layak dengan hasil angket peserta didik yang menunjukan skor rata-rata 3,40. Simpulan penelitian ini adalah media Magicbook Augmented Reality (MARI) berbasis etnomatematika rumah adat Joglo pada materi bangun ruang sisi datar valid dan layak digunakan dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Magicbook, Etnomatematika, Rumah Adat Joglo, Bangun Ruang Sisi Datar
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Aira Puteri Damayanti
Date Deposited: 12 Aug 2024 02:26
Last Modified: 12 Aug 2024 02:26
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
SARI, ASTRID CHANDRA
NIDN0721059101
Thesis advisor
FITRI, ANISA
NIDN0719049202
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5796

Actions (login required)

View Item
View Item