KEEFEKTIFAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF SISWA KELAS XI SMK PLUS MATHOLI’UL ANWAR MAIBIT

Istiqomah, Qiyatun (2021) KEEFEKTIFAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF SISWA KELAS XI SMK PLUS MATHOLI’UL ANWAR MAIBIT. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of 000 COVER - DAFTAR ISI.pdf] Text
000 COVER - DAFTAR ISI.pdf

Download (714kB)
[thumbnail of 001  BAB I.pdf] Text
001 BAB I.pdf

Download (371kB)
[thumbnail of 002 BAB II.pdf] Text
002 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[thumbnail of 003 BAB III.pdf] Text
003 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[thumbnail of 004 BAB IV.pdf] Text
004 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB) | Request a copy
[thumbnail of 005 BAB V.pdf] Text
005 BAB V.pdf

Download (340kB)
[thumbnail of 006 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
006 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (457kB)
[thumbnail of 007 LAMPIRAN.pdf] Text
007 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku asertif merupakan perilaku yang menekankan pada kepercayaan diri dan kemampuan untuk berkomunikasi dengan seseorang secara baik, benar, dan tegas. Perilaku asertif yang tinggi dibutuhkan agar individu dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan dengan mudah. Akan tetapi fenomena yang terjadi individu jarang sekali memiliki perilaku tersebut, contohnya malu-malu ketika harus mengutarakan pendapat, tidak berani menolak permintaan orang lain, dan tidak percaya diri. Maka untuk meningkatkan perilaku asertif ini peneliti menggunakan teknik Role Playing, karena dirasa sangat sesuai dan relevan dengan permasalahan yang ada. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian Pre-eksperimen. Dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Berdasarkan hasil pengolahan data, diketahui bahwa persentase dari rata– rata antara sebelum dan setelah diberikan treatment bimbingan kelompok dengan teknik Role Playing yaitu 57,68% dengan kategori rendah, menjadi 80,07% dengan kategori sedang. Perbedaan antar hasil rata - rata persentase siswa sebelum dan setelah diberikan treatment yaitu sebesar 22,39%. Setelah melakukan rangkaian kegiatan penelitian, diketahui adanya peningkatan tingkat prestasi belajar siswa dan terbukti bahwa teknik Role Playing efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMK Plus Matholi’ul Anwar Maibit

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Teknik Role Playing, Perilaku Asertif
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 153 Proses mental dan kecerdasan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 06 Apr 2022 02:29
Last Modified: 06 Apr 2022 02:29
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Novitasari, Zeti
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Cindarbumi, Festian
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/579

Actions (login required)

View Item
View Item