IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB TA’LIMUL MUTA’ALLIM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PEMBELAJAR SISWA KELAS EXCELLENT DI SMA ISLAM WASILATUL HUDA DESA DUKOH KIDUL KEC. NGASEM KAB. BOJONEGORO

ROSIDA, FARISYATUR (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB TA’LIMUL MUTA’ALLIM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PEMBELAJAR SISWA KELAS EXCELLENT DI SMA ISLAM WASILATUL HUDA DESA DUKOH KIDUL KEC. NGASEM KAB. BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (392kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim merupakan kitab yang didalamnya membahas tentang adab atau karakter dalam menuntut ilmu. Dalam kitab ini berisikan tentang adab dalam menuntut ilmu. Sehingga dalam pembahasan kitab yang ditulisnya sangat relevan dengan pendidikan karakter. Salah satu nilai karakter yang terdapat dalam kitab Ta’limul Muta’allim yang dikembangkan di Indonesia yaitu nilai religius. Nilai religius adalah sikap dan prilaku yang taat dan patuh pada agama yang dianut. Kitab ini dapat membantu dan memperbaiki pendidikan karakter saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuhi Implementasi Pembelajaran Kitab Ta’limul Muta’allim Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas Excellent Di SMA Islam Wasilatul Huda Desa Dukohkidul Kec. Ngasem Kab. Bojonegoro. Dan fokus penelitian (1)Untuk Mendeskripsikan Implementasi Pembelajaran Kitab Ta’limul Muta’allim Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas Excellent Di SMA Islam Wasilatul Huda Desa Dukohkidul Kec. Ngasem Kab. Bojonegoro. (2)Untuk mengetahui Faktor Pendukung dan Penghambat Pembelajaran Kitab Ta’limul Muta’allim dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas Excellent Di SMA Islam Wasilatul Huda Desa Dukohkidul Kec. Ngasem Kab. Bojonegoro Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode peneliian Kualitatif. Penelitian ini termasuk penelitan lapanagan, dimana data diperoleh melalui penelitian dilokasi penelitian dan menggunakan meode Triangulasi Data (Observasi, wawancara dan Dokumentasi). Subjek dalam penelitian ini adalah SMA Islam Wasilatul Huda, Kepala Sekolah serta para guru selaku pengajar Kitab Ta’limul Muta’allim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi Pembelajaran Kitab Ta’limul Muta’allim Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas Excellent Di SMA Islam Wasilatul Huda Desa Dukohkidul Kec. Ngasem Kab. Bojonegoro berjalan dengan baik, pembelajarannya dilakukan dengan metode diskusi, yaitu pembelajaran yang dilakukan secara diskusi atau tanya jawab yang dilakukan di luar kelas. (2) Faktor Pendukung dan Penghambat Pembelajaran Kitab Ta’limul Muta’allim dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas Excellent Di SMA Islam Wasilatul Huda Desa Dukohkidul Kec. Ngasem Kab. Bojonegoro dilakukan dengan baik, a. Faktor penghambatnya yaitu saat pembelajaran masih ada santri yang mengantuk pada saat di jelaskan, tidak mengikuti pembelajaran, kurang menaati peraturan, telat datang masuk kelas. b. Faktor pendukungnya yaitu dalam mengunakan metode bandongan ini adanya guru yang berpengalaman dalam bidang tersebut, tersedianya sarana prasarana yang cukup maksimal dan dapat membuat siswa itu menjadi nyaman

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Kitab Ta’limul Muta’allim, Karakter
Subjects: 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 05 Apr 2022 09:34
Last Modified: 05 Apr 2022 09:34
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MANSHUR, AHMAD
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/578

Actions (login required)

View Item
View Item