ROSIDA, FARISYATUR (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB TA’LIMUL MUTA’ALLIM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PEMBELAJAR SISWA KELAS EXCELLENT DI SMA ISLAM WASILATUL HUDA DESA DUKOH KIDUL KEC. NGASEM KAB. BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (258kB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (1MB)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only
Download (696kB) | Request a copy
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (737kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (415kB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (641kB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (273kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (392kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim merupakan kitab yang didalamnya membahas tentang adab atau karakter dalam menuntut ilmu. Dalam kitab ini berisikan tentang adab dalam menuntut ilmu. Sehingga dalam pembahasan kitab yang ditulisnya sangat relevan dengan pendidikan karakter. Salah satu nilai karakter yang terdapat dalam kitab Ta’limul Muta’allim yang dikembangkan di Indonesia yaitu nilai religius. Nilai religius adalah sikap dan prilaku yang taat dan patuh pada agama yang dianut. Kitab ini dapat membantu dan memperbaiki pendidikan karakter saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuhi Implementasi Pembelajaran Kitab Ta’limul Muta’allim Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas Excellent Di SMA Islam Wasilatul Huda Desa Dukohkidul Kec. Ngasem Kab. Bojonegoro. Dan fokus penelitian (1)Untuk Mendeskripsikan Implementasi Pembelajaran Kitab Ta’limul Muta’allim Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas Excellent Di SMA Islam Wasilatul Huda Desa Dukohkidul Kec. Ngasem Kab. Bojonegoro. (2)Untuk mengetahui Faktor Pendukung dan Penghambat Pembelajaran Kitab Ta’limul Muta’allim dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas Excellent Di SMA Islam Wasilatul Huda Desa Dukohkidul Kec. Ngasem Kab. Bojonegoro Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode peneliian Kualitatif. Penelitian ini termasuk penelitan lapanagan, dimana data diperoleh melalui penelitian dilokasi penelitian dan menggunakan meode Triangulasi Data (Observasi, wawancara dan Dokumentasi). Subjek dalam penelitian ini adalah SMA Islam Wasilatul Huda, Kepala Sekolah serta para guru selaku pengajar Kitab Ta’limul Muta’allim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi Pembelajaran Kitab Ta’limul Muta’allim Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas Excellent Di SMA Islam Wasilatul Huda Desa Dukohkidul Kec. Ngasem Kab. Bojonegoro berjalan dengan baik, pembelajarannya dilakukan dengan metode diskusi, yaitu pembelajaran yang dilakukan secara diskusi atau tanya jawab yang dilakukan di luar kelas. (2) Faktor Pendukung dan Penghambat Pembelajaran Kitab Ta’limul Muta’allim dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas Excellent Di SMA Islam Wasilatul Huda Desa Dukohkidul Kec. Ngasem Kab. Bojonegoro dilakukan dengan baik, a. Faktor penghambatnya yaitu saat pembelajaran masih ada santri yang mengantuk pada saat di jelaskan, tidak mengikuti pembelajaran, kurang menaati peraturan, telat datang masuk kelas. b. Faktor pendukungnya yaitu dalam mengunakan metode bandongan ini adanya guru yang berpengalaman dalam bidang tersebut, tersedianya sarana prasarana yang cukup maksimal dan dapat membuat siswa itu menjadi nyaman
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kitab Ta’limul Muta’allim, Karakter |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 05 Apr 2022 09:34 |
Last Modified: | 05 Apr 2022 09:34 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MANSHUR, AHMAD UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/578 |