NASRULLOH, TEGAR (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FLIPBOOK BERBANTU POWERPOINT DAN HEYZINE MATERI MENGHINDARI AKHLAK MADZMUMAH DAN MEMBIASAKAN AKHLAK MAHMUDAH DI KELAS X SMAN 1 BALEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (784kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (927kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (832kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (742kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (756kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Bahan ajar flipbook mempunyai peranan penting karena dapat mempermudah proses pembelajaran seperti membuat suasana belajar yang kurang menarik menjadi lebih menarik. Namun, faktanya saat ini pendidik jarang menggunakan bahan ajar yang berbasis teknologi seperti flipbook, padahal sarana prasarana di lembaga pendidikan telah mendukung. Dilihat dari segi sarana dan prasarana dalam pembelajaran SMAN 1 Balen telah mendukung yang mana setiap kelasnya sudah terdapat smart tv akan tetapi, pendidik jarang menggunakanya, karena pendidik tidak membuat bahan ajar yang berbasis audiovisual. Untuk itu peneliti merasa tertarik untuk mengkaji hal tersebut ke dalam bentuk penelitian ilmiah. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Desain penelitian ini menggunakan model ADDIE, yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Sumber data primer yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, angket, serta pre-test dan post-test terhadap subjek penelitian, yaitu siswa kelas X SMAN 1 Balen. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini yaitu, pengembangan bahan ajar flipbook berbantu powerpoint dan heyzine materi menghindari akhlak madzmumah dan membiasakan akhlak mahmudah di kelas X SMAN 1 Balen dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran. Hal ini berdasarkan hasil validasi oleh tim ahli media dan ahli materi, dimana perolehan dari ahli media sebesar 87,5%, ahli materi I sebesar 80%, ahli materi II sebesar 92,5%, dan respon peserta didik terhadap penggunaan bahan ajar flipbook sebesar86,9%. Hasil analisis data menggunakan simple paired t-test menunjukan t hitung > t tabel (31,256 > 2,045). Artinya bahan ajar flipbook berbantu powerpoint dan heyzine efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Akhlak Madzmumah, Akhlak, Mahmudah, Bahan Ajar, Flipbook, Heyzine Pengembangan, Powerpoint |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tegar Nasrulloh |
Date Deposited: | 10 Aug 2024 02:05 |
Last Modified: | 10 Aug 2024 02:05 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor AZIZ, SU'UDIN NIDN2121128602 Thesis advisor KHOIRIYAH, SITI NIDN0721099501 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5759 |