Sofiyatun, Siti (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POCKET BOOK OF ISLAMIC RELIGION (POKEMON) MATERI ADAB BERSOSIAL MEDIA DALAM PANDANGAN ISLAM FASE D MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK MENGGUNAKAN APLIKASI FLIPBOOK. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (293kB)
Awalan .pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (566kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (638kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (777kB) | Request a copy
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (314kB)
Daftar Pustaka .pdf
Download (445kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil kelayakan dan kepraktisan dari pengembangan media pembelajaran berupa Pocket book of Islamic Religion dengan menggunakan aplikasi Flipbook. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE dengan melalui 5 tahap pengembangan yaitu analisys (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan yang terakhir adalah tahap evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar angket validasi. Objek penelitian berupa media pembelajaran pocket book of Islamic Religion (POKEMON) menggunakan aplikasi Flipbook Fase D materi adab bersosial media dalam pandangan Islam.
Tahap penelitian ini memiliki beberapa tahapan diantaranya analysis yaitu tahap menganalisis mata pelajaran, perangkat pembelajaran serta kondisi lingkungan sekolah. Tahap selanjutnya adalah design merupakan tahap perancangan media pembelajaran yang dikembangkan. Dilanjutkan tahap Development pengembangan media pembelajaran ke dalam aplikasi flipbook. Setelah media dikembangkan tahap selanjutnya adalah implementation yaitu tahap implementasi kepada peserta didik dengan tujuan mengetahui kelayakan dan kepraktisan media. Terakhir, adalah tahap evaluation yaitu tahap yang bertujuan memperbaiki produk setelah diuji coba dan diimplementasikan. Hasil uji validasi dan setelah diimplementasikan memiliki kelayakan dan sangat valid untuk dengan persentase penilaian ahli media sebesar 86,7%, ahli materi 91,5%, dan 94,2% respon dari pendidik. Sedangkan hasil uji coba produk terhadap peserta didik dilaksanakan pada 15 peserta didik dan mempunyai persentase penilaian 90%. setelah produk di validasi dan diujicobakan terdapat beberapa revisi produk seperti bagian tombol, warna tulisan, bagian hyperlink, dan revisi audio pada flipbook.
Selain itu, pada implementasi yang sudah dilaksanakan, pengembangan media POKEMON menggunakan aplikasi flipbook sangat membantu peserta didik dan memotivasi dalam proses pembelajaran, memiliki dampak positif bagi peserta didik seperti mudah memahami materi, sehingga peserta didik menjadi semangat belajar dan membaca, serta melatih peserta didik untuk berpikir kritis. Dengan demikian media ini sangat valid dan praktis untuk digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Flipbook, Media Pembelajaran, Pocket Book, POKEMON |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Sofiyatun |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 04:23 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 04:23 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Fauziah, Zumrotul NIDN2112119203 Thesis advisor Choiri, Moh. Miftahul NIDN0704019003 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5729 |