EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FIKIH BERBASIS BOOKWIDGETS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI MA SYI’AR ISLAM MAIBIT

HIDAYAH, ADINDA NUR (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FIKIH BERBASIS BOOKWIDGETS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI MA SYI’AR ISLAM MAIBIT. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER (1).pdf] Text
COVER (1).pdf

Download (678kB)
[thumbnail of AWALAN (1).pdf] Text
AWALAN (1).pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I (1).pdf] Text
BAB I (1).pdf

Download (908kB)
[thumbnail of BAB II (1).pdf] Text
BAB II (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III (2).pdf] Text
BAB III (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV (1).pdf] Text
BAB IV (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V (1).pdf] Text
BAB V (1).pdf

Download (532kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA (1).pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (645kB)
[thumbnail of LAMPIRAN (1).pdf] Text
LAMPIRAN (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran Fikih berbasis bookwidgets di MA Syi’ar Islam Maibit serta mengetahui efektivitas dari penggunaan media tersebut dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IIS 1 di MA Syi’ar Islam Maibit. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian one group posttest only design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji validitas dan reliabilitas menggunakan Microsoft Excel for Windows 2010 untuk memastikan instrumen yang digunakan benar-benar dapat mengukur apa yang seharusnya diukur. Analisis statistik deskriptif untuk memberikan gambaran awal variabel penelitian dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji normalitas untuk memastikan data berdistribusi normal dan uji homogenitas untuk mengetahui data homogen serta uji hipotesis regresi linear sederhana untuk menentukan bentuk korelasi variabel X dan Y dan uji R square untuk mengetahui besar tidaknya pengaruh kedua variabel. Semua analisis tersebut dilakukan dengan bantuan SPSS versi 25. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa: (1) penggunaan media pembelajaran Fikih berbasis bookwidgets di MA Syi’ar Islam Maibit termasuk dalam kategori yang sangat baik dengan nilai presentase sebesar 81,7%, (2) penggunaan media pembelajaran fikih berbasis bookwidgets efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI di MA Syi’ar Islam Maibit. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji regresi linear sederhana bahwa nilai signifikansinya adalah sebesar 0,036 atau dapat ditulis dengan (0,036 < 0,05).

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Bookwidgets, Motivasi Belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Adinda Nur Hidayah
Date Deposited: 07 Aug 2024 07:02
Last Modified: 07 Aug 2024 07:02
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Mamlu’ah, Aya
NIDN2126079004
Thesis advisor
Fauziah, Zumrotul
NIDN2112119203
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5705

Actions (login required)

View Item
View Item