PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENGGUNAKAN APLIKASI SPARKOL VIDEOSCRIBE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VII SMPN 1 KEDUNGADEM BOJONEGORO

SHOLIKAH, NURIL FARIDATUS (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENGGUNAKAN APLIKASI SPARKOL VIDEOSCRIBE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VII SMPN 1 KEDUNGADEM BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (485kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (597kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (685kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (466kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Bahan ajar merupakan komponen yang penting dalam kegiatan belajar mengajar dan dirancang secara sistematis untuk mendukung peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Dari hasil penelitian yang dilakukan, bahwa bahan ajar yang digunakan pada mata Pelajaran PAI dan BP hanya berpedoman pada LKS padahal sudah tersedia sarana prasarana yang cukup memadahi di setiap kelas sehingga timbul kurangnya minat belajar pada peserta didik.Seorang pendidik perlu meningkatkan kreatifitasnya agar tercipta pembelajaran yang menarik, sehingga dapat meningkatkan minat belajar pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan bahan ajar menggunakan aplikasi sparkol videoscribe untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas VII di SMPN 1 Kedungadem.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang dikembangkan dengan model ADDIE analysis, design, development, implementation, and evaluation. Sampel penelitian kelas VII SMPN 1 kedungadem. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil produk yang dikembangkan adalah aplikasi sparkol videoscribe sebagai bahan ajar pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang memuat materi peradaban Islam di barat, disamping itu hasil dari validasi ahli media 96,6% (sangat valid), validasi ahli materi 95,83% (sangat valid) dan aspek kelayakan bahan ajar pada minat belajar siswa memperoleh nilai 86,94% (sangat valid). Kesimpulannya, bahan ajar sparkol videoscribe layak dijadikan bahan ajar dan mampu meningkatkan minat belajar siswa

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Minat Belajar, Sparkol Videoscribe
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nuril Faridatus Sholikah
Date Deposited: 07 Aug 2024 02:00
Last Modified: 07 Aug 2024 02:00
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Ma’arif, M. Jauharul
NIDN2128097201
Thesis advisor
Aziz, Su'udin
NIDN2121128602
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5692

Actions (login required)

View Item
View Item