SHOLIKAH, NURIL FARIDATUS (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENGGUNAKAN APLIKASI SPARKOL VIDEOSCRIBE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VII SMPN 1 KEDUNGADEM BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (485kB)
Awalan.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (597kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (710kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (556kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (685kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (466kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Bahan ajar merupakan komponen yang penting dalam kegiatan belajar mengajar dan dirancang secara sistematis untuk mendukung peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Dari hasil penelitian yang dilakukan, bahwa bahan ajar yang digunakan pada mata Pelajaran PAI dan BP hanya berpedoman pada LKS padahal sudah tersedia sarana prasarana yang cukup memadahi di setiap kelas sehingga timbul kurangnya minat belajar pada peserta didik.Seorang pendidik perlu meningkatkan kreatifitasnya agar tercipta pembelajaran yang menarik, sehingga dapat meningkatkan minat belajar pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan bahan ajar menggunakan aplikasi sparkol videoscribe untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas VII di SMPN 1 Kedungadem.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang dikembangkan dengan model ADDIE analysis, design, development, implementation, and evaluation. Sampel penelitian kelas VII SMPN 1 kedungadem. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil produk yang dikembangkan adalah aplikasi sparkol videoscribe sebagai bahan ajar pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang memuat materi peradaban Islam di barat, disamping itu hasil dari validasi ahli media 96,6% (sangat valid), validasi ahli materi 95,83% (sangat valid) dan aspek kelayakan bahan ajar pada minat belajar siswa memperoleh nilai 86,94% (sangat valid). Kesimpulannya, bahan ajar sparkol videoscribe layak dijadikan bahan ajar dan mampu meningkatkan minat belajar siswa
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar, Minat Belajar, Sparkol Videoscribe |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nuril Faridatus Sholikah |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 02:00 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 02:00 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Ma’arif, M. Jauharul NIDN2128097201 Thesis advisor Aziz, Su'udin NIDN2121128602 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5692 |