UTAMI, ANITAH TRI (2021) PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA DALAM KELUARGA TERHADAP PERILAKU SISWA DI MI AZZAHRO’ PANUNGGALAN SUGIHWARAS BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
Cover.pdf
Download (202kB)
Pengesahan.pdf
Download (131kB)
Bab 1.pdf
Download (67kB)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (233kB) | Request a copy
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (72kB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (122kB) | Request a copy
Bab 5.pdf
Download (14kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (12kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (17kB) | Request a copy
Abstract
Pendidikan merupakan masalah yang penting dalam kehidupan manusia dengan melalui proses pendidikan yang diharapkan dapat melahirkan pribadi-pribadi utama yang dapat mentaati norma-norma agama, norma hukum negara,dan norma adat yang ber laku setempat Untuk mewujudkan insan-insan, yang kuat pada norma-norma tersebut. Pendidikan agama adalah merupakan usaha-usaha secara sistematis dan pragmatis dalam membantu anak didik agar supaya mereka hidup sesuai dengan ajaran Islam. Dengan keterbatasan waktu dan ruang gerak dalam memperlihatkan dan membimbing anak didiknya tentu mereka (guru) tidak dapat memberikan pendidikan dengan hasil yang maksimal, mereka juga tidak tahu apa yang dilakukan anak didiknya diluar jam sekolah, yang menilai dan menentukan adalah lingkungan terutama lingkungan keluarga sebagai pendidik utama.
Berpijak dari uraian di atas permasalahan penelitian ini adalah (1) bagaimanakah pendidikan agama Islam (Informal) di sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Azzahro’ Panunggalan Sugihwaras Bojonegoro. (2) bagaimanakah perilaku siswa Madrasah Ibtidaiyah Azzahro’ Panunggalan Sugihwaras Bojonegoro. (3) adakah pengaruh antara pendidikan agama Islam (Informal) di sekolah terhadap perilaku siswa di Madrasah Ibtidaiyah Azzahro’ Panunggalan Sugihwaras Bojonegoro.
Metode dalam penelitian ini explanatory survey, yaitu merupakan suatu jenis metode penelitian deskriptif yang dilakukan terhadap subyek dan obyek penelitian dalam jumlah besar dalam waktu yang bersamaan.
Dari hasil analisis dengan menggunakan rumus korelasi product moment diperoleh hasil nilai 0,826. Bila dikonsultasikan dengan tabel nilai “r” product moment pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,632 dan 1% sebesar 0,765. Melihat hasil perhitungan nilai “r” product moment yang diperoleh 0,966. Ini lebih besar dari nilai “r” tabel taraf signifikasi 5% maupun 1%. Jadi berdasarkan analisis dan interpretasi data memberikan kesimpulan bahwa pengaruh positif dan signifikan antara pendidikan agama dalam keluarga terhadap perilaku siswa MI Azzahro’ Panunggalan Sugihwaras Bojonegoro.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Agama dalam Keluarga, Perilaku Siswa |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 05 Apr 2022 05:17 |
Last Modified: | 06 Apr 2022 15:02 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Minarti, Sri UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/567 |