Samudra, Bagus Laksana (2021) RANCANG BANGUN APLIKASI GAME EDUKASI COVID-19 DENGAN METODE FINITE STATE MACHINE. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (498kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (539kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (576kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (981kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (535kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (640kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (443kB) | Request a copy
Abstract
Samudra, Bagus Laksana. 2021. Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Covid-19 dengan Metode Finite State Machine. Skripsi, Jurusan Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri. Pembimbing Utama Rahmat Iryada, M.Pd dan Pembimbing Pendamping Sahri, M.Pd. I. Kecerdasan Buatan (AI) menurut Mc Leod dan Schell, merupakan aktivitas penyediaan mesin seperti komputer dengan kemampuan untuk menampilkan perilaku yang dianggap sama cerdasnya dengan jika kemampuan tersebut ditampilkan manusia. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana merancang dan membangun aplikasi game edukasi covid-19 dengan metode finite state machine, bagaimana menerapkan metode finite state machine pada aplikasi game edukasi covid-19 ini, bagaimana menguji kelayakan aplikasi game edukasi covid-19 dengan metode finite state machine. Berdasarkan rumusan masalah tersebut tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membangun aplikasi game edukasi covid-19 dengan metode finite state machine, menerapkan metode finite state machine pada aplikasi game edukasi covid-19 ini, dan menguji kelayakan aplikasi game edukasi covid-19 dengan metode finite state machine. Teknik metode yang akan dipakai dalam penelitian adalah research and development dan metode untuk perancangan adalah finite state machine dimana metode ini berfungsi untuk menentukan aksi atau state yang akan dilakukan oleh musuh. Berdasarkan pada analisis, design, implementasi perangkat lunak dan pembahasan pada bab-bab sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan penelitian ini telah berhasil membuat game dengan metode finite state machine sebagai metode yang dapat mempermudah dalam perancangan yaitu perilaku musuh. Terdapat juga hasil dari uji kelayakan yang menunjukkan bahwa setiap proses pada Game Covid-19 berjalan sesuai dengan rancangan. Dan diharapkan nantinya dari sistem aplikasi game covid-19 ini pengguna dapat meniru kebiasaan dalam game tersebut dan mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi ini. Kata kunci: Kecerdasan Buatan, Finite State Machine, Game
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Buatan, Finite State Machine, Game |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 05 Apr 2022 04:54 |
Last Modified: | 05 Apr 2022 06:21 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Irsyada, Rahmat UNSPECIFIED Thesis advisor Sahri, Sahri UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/565 |