PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KONTEN BERBASIS GOOGLE SITES PADA MATERI PEMULASARAAN JENAZAH KELAS X DI MA MIFTAHUL ULUM SITIAJI SUKOSEWU BOJONEGORO

NAIMAH, FAIZATUN (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KONTEN BERBASIS GOOGLE SITES PADA MATERI PEMULASARAAN JENAZAH KELAS X DI MA MIFTAHUL ULUM SITIAJI SUKOSEWU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (479kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (590kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (483kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (485kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu upaya dalam implementasi konsep merdeka belajar adalah pembelajaran berdiferensiasi, tujuannya untuk memberikan pengalaman belajar yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Namun dalam pelaksanaannya masih terbatas pada bahan ajar yang manual sehingga perlu adanya penggunaan teknologi berupa e-modul dalam proses pembelajaran karena dapat menyajikan materi secara visual, mudah dibuat, menarik, gratis serta dapat dikonsep sesuai dengan kebutuhan sehingga dapat meningkatkan efektifitas dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan elektonik modul berbasis google sites pada materi pemulasaraan jenazah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap: (1) Analisis (analyze), (2) Perancangan (design), (3) Pengembangan (development), (4) Penerapan (implementation), (5) Penilaian (evaluation). Adapun data pada penelitian ini terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa saran dan komentar dari validator, serta pendapat peserta didik mengenai produk yang dikembangkan. Sedangkan data kuantitatif berupa hasil perolehan angket validasi media, materi, angket respon peserta didik. Penelitian ini dilakukan di MA Miftahul Ulum Sitiaji. Data penelitian diperoleh melalui angket validasi para ahli, angket respon peserta didik, observasi dan wawancara. Kemudian data dianalisis untuk mengetahui tingkat validitas dan kepraktisan produk. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa dalam proses validasi e-modul pembelajaran berdiferensiasi konten berbasis google sites materi pemulasaraan jenazah kelas X dari ahli, aspek desain memperoleh rata-rata 91,7%, aspek kesesuaian materi memperoleh rata-rata persentase sebesar 87,5% dengan kriteria “sangat valid”, serta penilaian e-modul pembelajaran berdiferensiasi pada aspek keterbacaan dari ahli serta respon peserta didik diperoleh rata-rata persentase sebesar 88,8% “sangat valid”. Selain itu, hasil uji kepraktisan berdasarkan penilaian pada angket ahli dan respon peserta didik diperoleh rata-rata persentase sebesar 89,5% dengan kriteria “sangat valid”. Hasil tersebut menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan sangat layak dan menarik untuk digunakan di MA Miftahul Ulum Sitiaji. Kata Kunci: Modul Elektronik, Google Sites, Pembelajaran BerdiferensasiSalah satu upaya dalam implementasi konsep merdeka belajar adalah pembelajaran berdiferensiasi, tujuannya untuk memberikan pengalaman belajar yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Namun dalam pelaksanaannya masih terbatas pada bahan ajar yang manual sehingga perlu adanya penggunaan teknologi berupa e-modul dalam proses pembelajaran karena dapat menyajikan materi secara visual, mudah dibuat, menarik, gratis serta dapat dikonsep sesuai dengan kebutuhan sehingga dapat meningkatkan efektifitas dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan elektonik modul berbasis google sites pada materi pemulasaraan jenazah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap: (1) Analisis (analyze), (2) Perancangan (design), (3) Pengembangan (development), (4) Penerapan (implementation), (5) Penilaian (evaluation). Adapun data pada penelitian ini terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa saran dan komentar dari validator, serta pendapat peserta didik mengenai produk yang dikembangkan. Sedangkan data kuantitatif berupa hasil perolehan angket validasi media, materi, angket respon peserta didik. Penelitian ini dilakukan di MA Miftahul Ulum Sitiaji. Data penelitian diperoleh melalui angket validasi para ahli, angket respon peserta didik, observasi dan wawancara. Kemudian data dianalisis untuk mengetahui tingkat validitas dan kepraktisan produk. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa dalam proses validasi e-modul pembelajaran berdiferensiasi konten berbasis google sites materi pemulasaraan jenazah kelas X dari ahli, aspek desain memperoleh rata-rata 91,7%, aspek kesesuaian materi memperoleh rata-rata persentase sebesar 87,5% dengan kriteria “sangat valid”, serta penilaian e-modul pembelajaran berdiferensiasi pada aspek keterbacaan dari ahli serta respon peserta didik diperoleh rata-rata persentase sebesar 88,8% “sangat valid”. Selain itu, hasil uji kepraktisan berdasarkan penilaian pada angket ahli dan respon peserta didik diperoleh rata-rata persentase sebesar 89,5% dengan kriteria “sangat valid”. Hasil tersebut menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan sangat layak dan menarik untuk digunakan di MA Miftahul Ulum Sitiaji. Kata Kunci: Modul Elektronik, Google Sites, Pembelajaran Berdiferensasi

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Modul Elektronik, Google Sites, Pembelajaran Berdiferensasi
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Faizatun Naimah
Date Deposited: 05 Aug 2024 02:20
Last Modified: 05 Aug 2024 02:20
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Nihayah, Hamidatun
NIDN2124028403
Thesis advisor
Miftah, Zaini
NIDN2101067901
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5599

Actions (login required)

View Item
View Item